Flu Kucing, Bisa Menyebabkan Kematian

Rabu, 26 Juli 2017 - 10:19:59 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Memang kucing adalah hewan yang menggemaskan namun kita terkadang tidak menyadari bahwa hewan tersebut menyimpan berbagai macam virus. Contoh dari Seorang wanita Jepang telah meninggal karena penyakit kutu yang tertular  dari seekor kucing. Binatang peliharaan itu dianggap sebagai mamalia pertama yang men- transmisi penyakit untuk manusia.

Kementerian kesehatan Jepang mengatakan wanita berusia 50-an itu telah digigit seekor kucning liar saat membantu seekor kucing liar yang sakit. Sepuluh hari kemudian, dia meninggal karena Demam Parah dengan Trombositopenia Syndrome (SFTS), yang dibawa oleh kutu dari kucing liar itu.

Dengan tidak adanya gigitan kutu yang terdeteksi, dokter menganggap penyakit pasti sudah dikontrak via kucing yang terinfeksi. Seperti virus toksoplasma itulah virus yang sering ditularkan oleh kucing.

Demam yang parah dengan Thrombocytopenia Syndrome (SFTS) adalah penyakit menular yang relatif baru yang muncul di Cina, Korea dan Jepang. Virus ini dikatakan memiliki tingkat kematian hingga 30% dan sangat parah pada orang berusia di atas 50 tahun.

Menurut media Jepang, SFTS pertama kali terjadi di negara ini pada 2013. Kementerian kesehatan Jepang mengatakan bahwa kematian baru-baru ini masih merupakan kasus yang jarang terjadi namun memperingatkan orang untuk berhati-hati saat berhubungan dengan hewan dalam kondisi fisik yang buruk.

Dilansir breakingnews Secara global, gigitan kutu banyak dikaitkan dengan transmisi penyakit Lyme yang dapat menyebabkan penyakit parah dan kematian jika tidak diobati.[**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT