Cara Menaikkan HB Pada Penderita Gagal Ginjal

Ahad, 23 Juli 2017 - 23:29:15 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kandungan Hemoglobin dalam tubuh menjadi penting untuk diperhatikan, sebab jika sampai kekuarangan atau bahkan kelebihan akan berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh. Terlebih bagi Anda yang mengalami penyakit gagal ginjal. Menjaga kestabilan himoglobinpenting agar penyakit ini tidak berangsur berdampak buruh bagi kesehatan tubuh. Untuk itu bagi penderita gagal gijal perlu belajar memahami apa saja penyebab-penyebab yang membuat hemoglobin  di dalam tubuh mengalami penurunan.

Pertama selain dari penyakitnya itu sendiri, gagal ginjal memang salah satu penyakit yang dapat menurunkan kandungan HB di dalam tubuh. Namun selain itu ada penyebab lainnya yang perlu diperhatikan yakni karen sebuah pendarahan aktif di bagian saluran pencernaan, saluran kencing atau  di bagian tubuh lainnya. Hal ini bisa disebabkan karena adannya penyakit autoimun, kanker darah, dan beberapa penyakit lainnya. Hal ini tentu diperhatikan bagi penderita gagal ginjal

Selain penyebab yang perlu diketahui juga bagi penderita gagal ginjal adalah mengenai beberapa cara menaikkan hemoglobin. Pengetahuan mengenai hal ini tentu menjadi hal penting bagi pengidap gagal ginjal, agar tidak mengalami penurunan kandungan HB di dalam darah. Sebab penurunan HB dalam darah bisa mengakibatkan penderita gagal ginjal menjadi lesu, cepat lelah, dan tentu daya tahan tubuh untuk melawan bakteri di dalam tubuh akan mengalami penurunan. 

Jika hal ini terjadi akan dikhawatirkan bakteri akan semakin memperparah penyakit gagal ginjal yang diderita oleh seseorang tersebut. Untuk itu di dalam artikel ini akan disampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi penderita gagal ginjal agar untuk menaikkan kandungan HB di dalam tubuh secara alami. Baca juga penyebab sering mengantuk dan lemas

1.Banyak mengkonsumsi Bayam

Cara pertama yang dapat dilakukan oleh penderita gagal ginjal untuk menaikkan HB di dalam darah adalah dengan banyak mengkonsumsi bayam setiap hari. Sebab bayam diyakini memiliki khasiat baik dalam menaikkan kembali HB di dalam darah, kandungan yang di dalam bayam seperti zat besi, kalsium, vitamin A, serta mineral  yang menjadikan bayam ini baik dalam meningkatkan HB di dalam darah. Cara ini merupakan cara praktis yang dapat ditempuh oleh penderita gagal ginjal. Selain bayam mudah di dapatkan, pengolahannya pun juga praktis, sehingga tidak memberatkan penderita gagal ginjal untuk menaikkan kandungan HB di dalam darah. Baca juga akibat kekurangan dan kelebihan mineral.

2.Konsumsi daging

Mengkonsumsi daging menjadi cara kedua yang dapat dipilih bagi penderita gagal ginjal untuk menaikkan kandungan HB di dalam darah. Namun daging yang dimaksudkan di sini bukan sembarangan daging melainkan daging merah, bagian hati, ginjal atau liver. Sebab daging-daging ini diyakini memiliki kandungan zat besi yang sangat baik dikonsumsi dalam usaha menaikkan kandungan HB di dalam darah. Cara ini menjadi cara alami yang dapat ditempuh bagi penderita gagal ginjal untuk mengantasipasi jika kandungan HB di dalam darah mengalami penurunan. Sebab daging juga mampu memberikan asupan vitamin yang dapat menunjang kekebalan tubuh.

3.Konsumsi Roti Gandum

Cara alami selanjutnya yang dapat ditempuh bagi penderita gagal ginjal untuk menaikkan kandungan HB di dalam darah adalah dengan mengkonsumsi roti gandum. Kenapa harus roti gandum, tidak roti lainnya?, Sebab roti gandum diyakini mengandung sumber zat besi yang sangat tinggi. Bahkan satu roti gandum diyakini mampu menghasilkan zat besi sebesar enam persen dari jumlah zat besi seharian. 

Kandungan ini tentu yang mengakibatkan penderita gagal ginjal disarankan untuk mengkonsumsi roti gandum. Sebab zat besi sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya mampu meningkatkan kandungan HB di dalam tubuh. Cara ini juga terbilang menjadi cara alami yang mudah untuk dilakukan oleh penderita gagal ginjal untuk menjaga kestrabilan HB di dalam darah.

4.Konsumsi Telur
Selain roti gandum, cara alami selanjutnya yang dapat dipilih oleh penderita gagal ginjal adalah dengan mengkonsumsi telur. Sebab telur diyakini memiliki kandungan protein yang banyak, selain itu telur juga diyakini mengandung zat besi dan antioksida untuk perlindungan tubuh ketika muncul beberapa gangguan dalam tubuh seperti anemia. Untuk itu bagi penderita gagal ginjal, mengkonsumsi telur menjadi salah satu cara ampuh dalam usaha menaikkan kandungan HB dalam darah. Sehingga tubuh tidak akan mengalami lemas, akibat kekurangan HB.

5.Konsumsi makanan Laut

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diketahui oleh penderita gagal ginjal untuk menaikkan kandungan HB di dalam darah adalah dengan mengkonsumsi makanan laut. Makanan ini direkomendasikan menjadi salah satu cara yang dapat dipilih oleh penderita gagal ginjal untuk menaikkan kadar HB di dalam darah. Makanan laut yang dimaksudkan adalah berjenis kerang, ikan tuna, salmon dan juga teripang emas. Makanan laut jenis ini diyakini mampu menolong penderita gagal ginjal dalam menaikkan kandungan HB di dalam darah. [***]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT