Tradisi Masyarakat Indonesia Jelang Lebaran

Selasa, 20 Juni 2017 - 13:47:55 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Beragam tradisi dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Beberapa diantara tradisi tersebut bahkan sudah dilakukan secara turun-temurun dan masih dijalani hingga kini.

Nah apa saja sih tradisi yang hingga kini masih rutin dilakukan masyarakat Indonesia tiap jelang lebaran?

Yuk simak ulasannya berikut ini dilansir dream:

1. Mudik
Adanya budaya merantau di Indonesia, menyebabkan sebagian masyarakatnya bekerja mencari nafkah jauh dari kampung halaman. Karena itu, saat-saat menjelang lebaran dijadikan momen oleh sebagian besar masyarakat untuk pulang kampung alias mudik.

Masa libur lebaran umumnya lebih panjang dibandingkan libur di hari-hari lain. Masyarakat pun benar-benar memanfaatkannya untuk kembali ke kampung halaman dan melewatkan hari raya bersama sanak saudara. Mudik merupakan salah satu tradisi yang masih dijalani hingga saat ini. Bahkan menjadi tradisi terbesar di hari lebaran bagi masyarakat Indonesia. Jumlah pemudik tiap tahunnya bisa mencapai puluhan juta orang.

2. Halal bi halal
Halal bi halal adalah istilah yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menyebut tradisi saling mengunjungi dan bermaafan dengan teman, tetangga dan sanak saudara. Tradisi halal bi halal masih bertahan hingga saat ini bahkan semakin berkembang mengikuti perubahan zaman. Kini masyarakat terbiasa melakukan halal bi halal melalui gadget atau media sosial.

3. Takbir Keliling
Malam lebaran selalu ditandai dengan kumandang takbir sebagai tanda kemenangan setelah sebulan berpuasa. Nah, masyarakat Indonesia punya tradisi unik dalam mengumandangkan takbir. Momen jelang lebaran di Indonesia biasanya ditandai dengan adanya masyarakat yang melakukan takbir keliling kampung baik dengan menggunakan kendaraan maupun sekadar berjalan kaki.

4. Menabuh Bedug
Menabuh bedug juga menjadi salah satu tradisi jelang lebaran yang akrab dengan masyarakat Indonesia. Tradisi ini biasanya dilakukan untuk mengiringi kumandang takbir saat malam terakhir puasa dan saat lebaran.

5. Ketupat
Siapa yang tak tahu ketupat? Makanan yang satu ini seolah menjadi menu wajib masyarakat Indonesia saat Idul Fitri. Umumnya, para ibu sudah mempersiapkan ketupat satu atau dua hari sebelum lebaran. Makanan ini biasanya disantap usai masyarakat menunaikan salat Idul Fitri. Ketupat disajikan bersama menu spesial lebaran lainnya seperti opor ayam, rendang atau semur.

6. Tradisi saling mengirim makanan
Masyarakat Indonesia memiliki tradisi saling mengirimkan makanan ke tetangga atau sanak saudara satu hari sebelum lebaran. Kebiasaan ini konon merupakan tradisi turun-temurun sejak zaman dahulu yang masih dipertahankan. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga tali persaudaraan dan berbagi kebahagiaan di hari lebaran.

7. THR
Saat menjelang lebaran, perusahaan-perusahaan akan mengeluarkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para karyawannya. Hal ini bahkan telah menjadi ketetapan resmi pemerintah. Di samping THR karyawan, adapula tradisi membagikan THR pada anak-anak kecil saat lebaran tiba.

8. Tradisi 'Serba Baru'
Sebagian besar masyarakat Indonesia juga menerapkan tradisi 'serba baru' saat lebaran, seperti pakaian baru, sepatu baru, penampilan baru. Hal ini diyakini sebagai simbol bahwa lebaran adalah hari yang fitri dimana manusia seperti terlahir baru kembali.

9. Ziarah ke makam
Umumnya masyarakat Indonesia akan berbondong-bondong berziarah ke makam keluarga atau kerabatnya yang telah tiada selepas melakukan salat Idul Fitri.

10. Rekreasi
Kebanyakan masyarakat Indonesia memanfaatkan momen libur lebaran yang cukup panjang untuk berpergian ke tempat-tempat wisata bersama keluarga. Tak heran jika saat libur lebaran tempat-tempat wisata di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta ramai pengunjung.[**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT