Setya Novanto Ikut Saksikan Ritual Bakar Tongkang Rohil

Senin, 12 Juni 2017 - 03:41:38 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Ibukota Kabupaten Rokan Hilir Riau, meskipun bulan Ramadhan tetap ramai karena beriringan dengan acara wisata ritual bakar tongkang yang dilakukan warga Tionghoa. Ribuan wisatawan mancanegara memadari kota Bagansiapiapi. Kali ini, ivent tahunan ini juga dihadiri Ketua DPR RI Setya Novanto.

Tahun ini, tiang tongkang jatuh ke arah laut. Menurut kepercayaan suku Tinghoa keberuntungan mereka lebih banyak ke laut, baik yang mencari ikan maupun yang mengandalkan sektor ekonomi di wilayah perairan. 

Dalam ritual bakar tongkang tahun ini, ribuan wisatawan mancanegara padati Ritual Bakar Tongkang (RTB) di Bagansiapiapi. Tiang tongkang yang jatuh ke arah laut sempat dilihat oleh Ketua DPR RI Setya Novanto.

Replika tongkang masuk areal bakar tongkang, Ahad (11/6/17) pukul 15.20 WIB, jadwal ini lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya, tidak ada acara seremonial, setelah tiang tongkang dipasang, sejumlah pejabat, Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain, Bupati Rohil, Suyatno, Tokoh Masyarakat Tionghoa, Sugianto serta pejabat lainnya menaiki tongkang sambil melambaikan tangan. 

Setelah mereka turun, api mulai mengepul, dalam waktu singkat, tongkang terbakar. Disaksikan ribuan wisatawan, dan pukul 16.05 WIB, satu tiang tongkang jatuh mengarah ke laut dan pukul 16.10 WIB, tiang satu lagi juga jatuh mengarah ke laut, tidak lama kemudian semua yang memadati areal bakar tongkang membubarkan diri dengan tertib. 

Dalam kesempatan kali ini, Bupati Suyatno sempat mengeluhnya rusaknya jalan dari Ujung Tanjung-Bagansiapiapi, sehingga hal itu juga menjadi keluhan wisatawan, namun dengan kehadiran Ketua DPR RI Setya Novanto, Pemkab Rohil lansung minta pembenahan jalan. 

“Saya sudah minta tolong pada Pak Ketua DPR, dan dalam waktu dekat, proposalnya dibuat,” ujar Suyatno kepada media areal bakar tongkang. 

Menurut Suyatno lagi, ribuan wisatawan mancara negara setiap tahun berkunjung ke Ibukota Rohil, Bagansiapiapi karena menyaksikan ritual bakar tongkang yang menjadi ivent wisata andalan dan masuk kalender wisata Riau. [Adv-humas]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT