Hati-hati, BBPOM Temukan Bahan Terlarang Dalam Makanan

Senin, 05 Juni 2017 - 12:34:53 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Baru-baru ini BBPOM Pekanbaru Riau, menemukan sejumlah makanan yang mengandung bahan pengawet yang dilarang dan berbahaya.

BBPOM Pekanbaru telah melakukan pemeriksaan sejumlah makanan dan takjil berbuka puasa yang dijajakan di Pasar Pagi Arengka, Jalan Soekarno Hatta. BBPOM membawa langsung lobaratorium untuk di uji sampel makanan secara langsung.

Sejumlah makanan yang diuji tersebut diantaranya kerupuk, mie kuning dan cendol. Tiga jenis makanan tersebut seringkali terkotaminasi bahan-bahan kimia berbahaya. 

Secara terpisah, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengajak masyarakat Riau khususnya Pekanbaru lebih seleksif dalam memilih takjil atau makanan berbuka puasa. Tak terkecuali para pedagang, juga dihimbau tak hanya mencari keuntungan semata. 

"Sore biasa buru-buru semua. Tapi dihimbau kepada pedagang mempertimbangkan juga bagaimana kesehatan masyarakat," kata Andi Rachman, disela-sela pengujian sampel makanan bersama Balai Besar Pengawas Obat Makanan (BBPOM) dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, di Pasar Pagi Arengka, Ahad (4/6/17). 

Gubri juga meminta kepada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, diminat terus melakukan pengawasan barang dagangan masyarakat yang tersebar di semua jalanan, baik di Pekanbaru mau pun daerah lainnya di Riau. 

Dengan pengawasan itu, tentunya dapat meminimalisir beredarnya makanan berpengawet atau berbahan kimia lainnya yang bertujuan untuk mencari keuntungan pribadi. 

"Ini tentu juga dengan memaksimalkan sosialisasi. Lakukan pengawasan, jangan ini hanya seromonial saja. Ini, saya kira kuncinya," ungkap Gubri bersama Kapolda Riau Irjend Pol Zulkarnain, Danrem 031/WB Brigjend TNI Abdul Karim, Kadiskes Riau Mimi Yuliana Nasir, Kepala BBPOM Pekanbaru Mohammad Kashuri. [**]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT