Ini Penyebab Tumbangnya Facebook dan Twitter?

Ini Penyebab Tumbangnya Facebook dan Twitter?

Metroterkini.com - Dua layanan media sosial Facebook dan Twitter pagi tadi mengalami kelumpuhan. Keduanya tak bisa diakses selama beberapa menit sebelum akhirnya kembali normal. Melihat hal tersebut pakar keamanan IT dan Chairman CISSReC, Pratama Persadha, menduga karena adanya serangan dari pihak luar. Namun hal itu akan diketahui setelah dilakukan pendalaman atau disebut network forensic.

"Ada banyak kemungkinannya. Tetapi dengan banyaknya engineer, anggaran, dan infrastruktur yang mereka miliki sepertinya secara awam ini adalah akibat serangan dari luar. Namun hal itu bisa diketahui jika dilakukan network forensic," ungkap Pratama dilansir okezone, Selasa (9/5/17). 

Lebih lanjut, masih ada kemungkinan lain jika suatu layanan mengalami gangguan seperti kesalahan sistem dan trafik yang penuh (overload). Sebelumnya layanan Facebook sempat tumbang pada pukul 08.00 WIB pagi tadi dengan menampilkan halaman bertuliskan "Mohon maaf, terjadi kesalahan. Kami sedang mengerjakan dan akan memperbaikinya segera mungkin" Sementara Twitter mengalami gangguan sekira satu jam setelah Facebook kembali normal. Layanan berbasis 140 karakter tersebut tak bisa diakses beberapa saat hingga memerlkukan refresh berkali-kali hingga bisa diakses kembali. Saat ini kami tengah berusaha menghubungi kedua layanan tersebut untuk meminta konfirmasi.[**]
 

Berita Lainnya

Index