Tips Selamatkan Data Ponsel Saat Layar Pecah

Sabtu, 29 April 2017 - 12:09:06 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Banyak pengguna yang bingung menyelamatkan data saat layar ponsel pecah akibat terjatuh atau terbentur. Jangan takut, semua data ponsel Anda sebetulnya masih dapat diselamatkan.

Berikut tips mengamankan data Anda yang tersimpan di storage ponsel.

Bila ponsel masih dapat menyala, walau layar retak, pengguna bisa memanfaatkan kabel USB OTG. USB OTG ini bisa berfungsi agar pengguna dapat menyematkan perangkat mouse, sehingga pengguna bisa memiliki kontrol untuk membuka ponsel yang terkunci, kemudian memindahkan file di storage internal ke microSD.

Kabel Data

Selain dengan kabel USB OTG, pengguna juga bisa memanfaatkan kabel data untuk menghubungkan ponsel ke PC. Hal ini bisa dilakukan apabila ponsel masih dapat menyala, kemudian pengguna memindahkan atau mentransfer semua file dari ponsel ke PC.

Pakai Program VNC

Jika layar smartphone pecah parah dan tidak tampak gambar, maka pengguna memerlukan program VNC. Di toko aplikasi, terdapat versi gratis dari program tersebut. Program ini pada dasarnya memindahkan antarmuka Android menuju PC, sehingga perangkat bisa dikendalikan dari layar desktop.

Untuk memakai program VNC, pengguna perlu mengunduh atau install terlebih dahulu ke PC serta perangkat Android. Terdapat pula program VNC berbayar yang menyediakan fitur lebih kaya.

Bawa ke Servis Resmi

Apabila sudah menggunakan cara-cara manual tetap tidak berhasil menyelamatkan data, maka pengguna bisa membawa ke servis resmi. Walau pengguna harus mengeluarkan biaya, namun data diharapkan berhasil diselamatkan.[mer-ok]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT