Peringatan Isra' Mijraj, Bupati Ajak Infak ke Masjid

Rabu, 26 April 2017 - 19:19:56 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pemerintah Daerah terus berupaya memfasilitasi renovasi dan pembangunan Masjid yang representatif diseluruh wilayah Kepulauan Meranti, namun untuk mewujudkannya dibutuhkan dana yang tidak sedikit, agar renovasi maupun pembangunan Masjid yang saat ini sedang dilakukan dapat berjalan cepat, dibutuhkan juga partisipasi masyarakat yang menyumbang melalui Infaq, untuk itu Bupati Kepulauan Meranti menghimbau jajaran pemerintahan dan masyarakat untuk menggalakannya.

Dan hal itulah yang diakui Bupati menjadi alasan dirinya lebih gencar hadir dalam acara majelis taklim dimasjid-masjid yang sedang dalam proses pembangunan, seperti perayaan Isra' Miraj di Masjid Ar-Rahman jalan Banglas Ujung, Selatpanjang, Senin malam (25/4).

"Pola mempercepat pembangunan masjid adalah dengan main kroyok di masjid-masjid yang sedang dibangun, alhasil banyak masjid yang dulunya tidak bagus semakin bagus dan pembangunannya semakin cepat," ujar Bupati seraya mengajak semua pihak turut berpartisipasi.

"Banyak orang bertanya dalam perayaan Isra' Miraj di Masjid Ar-Rahman saya selalu hadir alasanya karena Masjid ini sedang dalam proses pembangunan dan saya harapkan dengan kahadiran saya jajaran pemerintan dan masyarakat dapat berpartisipasi membantu pembangunan masjid sehingga lebih cepat," aku Bupati.

Seperti dijelaskan perwakilan pengurus Masjid Ar-Rahman, Jufri, untuk kesekian kalinya Pemda Meranti memberikan kesempatan kepada pengelola Masjid Ar-Rahman untuk menggelar perayaan Isra' Miraj Nabi Muhammad SAW atas nama pengurus ia mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Bupati. Seperti diketahui sejak dua tahun yang lalu tepatnya 2 Februari 2016, pengerjaan pembangunan Masjid Ar-Rahman yang diperkirakan memakan dana 3.5 Miliar telah dimulai, kini pembangunan  telah memasuki tahap pembuatan relief dan pembangunan tempat parkir yang mampu menampung 70 sepeda motor. "Penyelesaian relief bagian depan masjid kita targetkan sebulan kedepan selesai," jelas Jufri.

Pada kesempatan itu Bupati juga menginformasikan bahwa Selasa (25/4) ini akan dilakukan pemilihan Wakil Gubernur Riau yang sudah cukup lama kosong, Bupati berharap proses pemilihan berjalan lancar demi Riau cemerlang, terbilang dan gemilang.

Dijelaskan Jufri, pengurus Masjid Ar-Rahman telah menjalankan berbagai program dalam rangka meningkatkan minat baca Al-Quran ditengah masyarakat diantaranya kuliah subuh, wirid dan pengajian umum, membaca Al-Quran satu helai satu hari, program beasiswa bagi anak penghafal Al-Quran guna melanjutkan pendidikan kerumah Tahfiz Quran di Pekanbaru.

Pengurus Masjid Ar-Rahman juga terus berupaya menghimpun dana masyarakat melalui Infaq yang digunakan untuk pembangunan masjid, dari keterangan pengurus masjid tahun lalu berhasil dihimpun dana hingga 287 Juta dan diharapkan tahun 2017 ini dapat terhimpun sampai 400 Juta, selain untuk pembangunan dana tersebut juga digunakan untuk melaksanakan berbagai program seperti pembinaan anak-anak menjadi Imam, Bilal juga Khatib.

Kegiatan perayaan Isra' Miraj juga dikemas dengan ceramah agama yanh disampaikan oleh Al-Ustadz Drs. H. Fachri, MA yang mengupas tentang makna peristiwa Isra' Miraj Nabi Muhammad SAW bagi umat Islam.

Dikatakan Ustadz Fachri, perjalanan Isra' Miraj Nabi Muhammad merupakan keinginan dari Allah   Peristiwa Isra Mi’raj terbagi dalam 2 peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa sejauh 500 KM. Lalu dalam Mi’raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan salat lima waktu.

Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah salat lima waktu diwajibkan, dan tidak ada Nabi lain yang mendapat perjalanan sampai ke Sidratul Muntaha seperti ini.

"Itu tandanya sholat 5 waktu merupakan sesuatu yang penting dan bukan saja menjadi kewajiban tetapi juga menjadi kebutuhan bagi manusia," ujar Ustadz Fachri seraya mengajak umat Islam untuk Sholat tepat waktu dan berjamaah di Masjid.

Ustadz juga menekankan bukan hanya Sholat yang menjadi kebutuhan umat Islam dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah guna mencari ketenangan bathin dan bermunajat, juga ruiun Islam lainnya seperti puasa untuk kesehatan, membayar Zakat untuk perbaikan ekonomi, naik haji dan melaksanakan Tawaf agar bumi tetap berputar pada porosnya.

"Sholat harus dilaksanakan secara berkwalitas ikhlas dan khusuk. Melaksanakan Sholat berjamaah atau tidak berjamaah bukan karena takut tapi harus didasari untuk mendapatkan ridho serta kecintaan kepada Allah. Sholat tidak melelahkan tetapi sebaliknya Sholat akan menyembuhkan lelahnya aktifitas dunia, dan Sholatlah ditempat yang pantas yakni Masjid yang jauh dari berbagai gangguan," ujar Ustadz Fachri mengakhiri.

Untuk diketahui pada kesempatan itu dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Julian Norwis SE MM, Asisten III Sekdakab. Meranti H. T. Akhrial, Kepala Dinas/Badan/Bagian, Camat dilingkungan Pemkab. Meranti, Tokoh agama/adat/masyarakat.

Juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba Pekan Isra Miraj 2017 Masehi yang ditaja Ikatan Remaja Masjid Ar-Rahman diataranya untuk pemenang Syahril Quran, Azan, Tahfiz Quran, Fahmil Quran. [Humas]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT