Wabup Kepulauan Meranti Buka Rakor Rastra

Senin, 17 April 2017 - 03:19:21 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dan sosialisasi pendistribusian Beras Sejahtera (Rastra) kerumah tangga sasaran (RTS) Kabupaten Kepulauan Meranti, dalam Rakor yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Meranti itu, Wabup meminta penyaluran Rasta tepat sasaran dan berkwalitas baik, Selatpanjang, Selasa (7/3/2017).

Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti itu Kepala Bidang Penanganan Farkir Miskin Dinas Sosial Provinsi Riau, Kepala Bagian Ekonomi Setdakab. Meranti Drs. Agusyanto M.Si, Asisten II Setdakab. Meranti H. Anwar Zainal, Kepala Bulog Bengkalis, Camat dan Kades Se-Kabupaten Meranti.

Pada ksempatan itu Kepala Bagian Ekonomi Agusyanto yang juga ketua penyelenggara memaparkan, tujuan kegiatan ini merupakan Implementasi pedoman umum penyaluran Raskin Kementerian Kesejahteraan Rakyat. Guna mendukung hal tersebut menurutnya diperlukan penyamaan persepsi terkait pengelolaan dan pendistribusian Raskin agar tepat sasaran dan memberikan manfaat maksimal kepada RTS.

Sekedar informasi, demi membantu rumah tangga sasaran atau rumah tangga miskin, di Kabupaten Kepulauan Meranti sejak 10 tahun terakhir pemerintah memberikan bantuan langsung berupa beras miskin (Raskin) yang kini lebih dikenal dengan beras sejahtera (Rastra), kepada rumah tangga miskin.

Untuk Kabupaten Meranti pada tahun 2017 ini dijatahi sebanyak 25 Ton lebih atau meningkat dari tahun 2016 yang hanya berkisar 23 Ton. Peningkatan itu seperti dijelaskan oleh Kabag Ekonomi Agusyanto akibat terjadinya penambahan RTS bedasarkan pendataan BPS Riau tahun yang lalu. Dan setiap RTS akan dijatahi sebanyak 15 Kg/Bulan.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Bupati H. Said Hasyim sangat menyambut baik digelarnya kegiatan itu, menurutnya dalam hal penyaluran Rasta tersebut meski dirasa telah sempurna namun masih tetap memunculkan rasa ketidakpuasan dari RTS, baik dalam hal penjatahan maupun kwalitas Rastra itu sendiri. Untuk itu ia menekankan kepada pihak-pihak terkait yang diberikan amanah dapat menunaikan tugas dengan baik. "Saya berharap tiap tahun ada perbaikan, jangan sampai keluar bahasa tidak adil dari masyarakat," ujarnya.

Wakil Bupati tidak ingin ada masyarakat yang berhak meraih Rastra ternyata tidak dapat, sebaliknya yang harus nya tidak mendapat Rastra tetapi mendapatkannya.

"Dalam Rakor ini perlu dilakukan penyempurnaan," tambahnya.

Diakui Wabup, implementasi dilapangan memang tidak semulus teory diperlukan kebijaksanaan dari pejabat bersangkutan khususnya Kepala Desa (Kades) yang diberikan amanah untuk menyalurkan. Dan tak jarang dengan alasan menghidari konflik Kades terpaksa membagi rata jatah Rasta, namun secara aturan kebijakan itu adalah salah karena antara yang berhak dan tidak sama-sama dapat. "Kedepan penyaluran harus tepat sasaran, harus sesuai fakta kondisi real dilapangan," harapnya.

Diakuinya lagi, dalam penyaluran Rasta ada yang puas dan ada yang tidak puas, dalam penyaluran bantuan hal itu sulit dielakan karena yang namanya bantuan berhubungan dengan jatah dan pendataan. Namun bagi masyarakat yang tidak puas Wabup menyarankan mengambil langkah sesuai dengan jalurnya yakni diputuskan melalui musyawarah desa.

Pada kesempatan itu, Wabup juga menyinggung soal pembayaran Rasta kepihak Bulog, hal itu dinilai penting karena akan mempengaruhi terlambat tidaknya penyaluran Rasta dari Bulog. "Saya harap demi lancarnya penyakuran Raskin pembayaran jangan sampai terlambat," ucap Wabup.

Dihadapan pihak Bulog dan Dinas Sosial Pemerintan Provinsi Riau, diakui Wabup sejauh ini penyaluran Raskin di Kabupaten Meranti sudah baik, agar kedepan tetap berjalan baik Wabup juga mengharapkan pihak Bulog dapat menyalurkan Ratra tepat waktu dan yang tak kalah penting beras yang diberikan berkwalitas baik.

"Sejauh ini penyaluran Raskin sudah baik,mkami harapkan penyaluran Rastra dari Bulog juga tepat waktu dan kwalitasnya juga baik," ujar Wabup agar masyarakat yang menikmati juga merasa puas.

"Kita harapkan beras yang didistribusikan untuk masyarakat Kabupaten Meranti adalah beras yang baik," tegasnya mengakhiri. [adv humas]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT