Trik Hilangkan Anak Kecanduan Makanan Manis

Senin, 06 Februari 2017 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Hampir semua anak doyan makanan manis seperti permen, cokelat, kue, dan cake. Di usia mereka, anak-anak memang menyukai makanan manis, seperti disampaikan ahli nutrisi, Maryann Tomovich Jacobson.

Agar anak bisa mengurangi makanan manis, orangtua harus bertindak. Namun, riset menunjukkan terlalu ketat atau malah longgar pada makanan manis malah bisa jadi bumerang. Mereka bisa makan yang manis-manis dalam jumlah yang banyak.

Berikut lima trik yang bisa dilakukan untuk mencegah anak mengurangi konsumsi makanan manis, mengutip Cooking Light.

1. Orangtua jadi contoh

Bila ingin anak tak konsumsi gula dan makanan manis berlebihan, tentu saja orangtua dan orang dewasa lainnya di rumah harus menjadi contoh bagi mereka.

Lalu, jangan mengatakan tidak boleh saat mereka meminta permen atau cake. Lebih baik sampaikan bahwa mereka akan mendapatkan itu di akhir pekan ini atau saat pesta ulang tahun kakak. Buat mereka, jawaban seperti ini berarti tetap bisa makan manis, seperti disampaikan Maryann.

Terlalu keras melarang juga tidak baik. Ketika ada akses, anak bakal mengonsumsi banyak sekali makanan manis.

2. Bikin kue atau makanan manis bersama

Anak-anak yang terbiasa makan kue, muffin, atau cake buatan sendiri akhirnya harus belajar memilih makanan sehat.

Libatkan si kecil saat memasak. Beri tahu dia apa saja kandungan dalam kue, misalnya sambil mengatakan tidak boleh terlalu banyak gula disertai alasan yang rasional.

Dengan membuat sendiri, Anda bisa menambahkan bahan-bahan lebih sehat seperti pat, kacang-kacangan, atau buah.

3. Batasi minuman manis

Tak cuma makanan, mereka juga gemar mengonsumsi minuman manis. Ajak juga dia untuk mengenal manis dari buah-buahan. Misalnya membuat jus semangka atau jus melon yang memang memiliki manis alami tanpa gula.

4. Jangan jadikan makanan manis sebagai hadiah

Banyak orangtua mengiming-imingi permen atau es krim sebagai hadiah bila anak berbuat baik. Misalnya begini, "Kalau adik mau makan sayur, nanti boleh deh makan cake".

Dalam pikiran anak, berarti cake itu makanan yang lebih luar biasa dari sayur. Lebih baik bersikap netral terhadap makanan manis.

5. Ganti kue dengan camilan sehat 

Apakah ada stoples kue cokelat di atas meja? Apakah ada sekotak cokelat di kulkas? Lingkungan membuat pola besar dalam konsumsi anak. Lebih baik, tampilkan aneka makanan sehat seperti buah di tempat yang mudah terlihat dan dijangkau. [***]

 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT