Cerahkan Wajah Dengan 5 Bahan Dapur Ini

Jumat, 03 Februari 2017 - 00:00:00 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Wanita Indonesia memang dianugerahi warna kulit yang beragam, dari putih, kuning langsat, sampai sawo matang yang eksotis pun ada. Apapun warna kulit Anda, menjaga agar kulit jauh dari kusam dan tetap cerah rasanya perlu diprioritaskan. 

Untuk perawatan yang bisa membuat wajah cerah bersinar dengan biaya relatif murah, coba pergunakan bahan dapur Anda. Karena bahan yang ada bisa Anda diracik untuk mendapatkan kulit wajah lebih sehat dan cerah.

1. Mentimun

Ternyata timun mampu mencerahkan kulit Anda lho! Kandungan air yang tinggi juga vitamin A, B, C serta sejumlah mineral menjadikan timun punya peranan penting dalam urusan perawatan kulit. Jadi tidak hanya warna kulit yang cerah, bintik hitam dan bengkak pada kantung mata juga bisa diatasi dengan timun. 

Caranya haluskan timun dan oleskan merata ke seluruh bagian wajah. Tunggu beberapa saat dan bilaslah. Untuk kompres mata, iris timun lalu letakkan di atas kantung mata dan diamkan selama 15 menit. Lakukan 2-3 kali seminggu dan lihat perbedaannya.

2. Beras

Sebagai makanan pokok orang Indonesia, beras menjadi bahan yang dipastikan mudah ditemui di tiap rumah. Selain mengenyangkan, beras juga dapat mencerahkan kulit. Vitamin C, E dan B1 di dalam beras mampu mengecilkan pori-pori dan mempercepat proses pengelupasan kulit sehingga regenerasi berjalan lancar. Ada dua jenis perawatan dengan beras yang bisa Anda pilih. 

Caranya, Anda bisa menggunakan air rendaman beras untuk mencuci wajah. Kedua, masker beras yang dibuat dengan beras yang telah direndam semalaman dan ditumbuk halus lalu dijemur dibawah sinar matahari. Setelah kering dan berupa tepung, Anda bisa mencampurkannya dengan madu atau minyak zaitun hingga berubah menjadi pasta. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 - 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Kentang 

Sudah tahu kalau umbi berakar ini ampuh memisahkan Anda dari kulit kusam? Kandungan vitamin A, B, C serta kalsium, fosfor dan sejumlah mineral lainnya sangat tepat dipilih sebagai bahan alami perawatan wajah. Di samping mencerahkan, antibiotik alami dan vitamin C yang berperan sebagai anti oksidan juga bisa mengatasi peradangan pada jerawat. 

Caranya, tumbuk atau blender kentang yang sudah bersih tanpa kulit hingga menjadi bubur. Lalu aplikasikan pada wajah kurang lebih selama 30 menit. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menambahkan beberapa tetes madu atau putih telur ke dalamnya. Setelahnya, bilas dengan air hingga kulit bersih, lalu lanjutkan dengan rangkaian skin care Anda lainnya.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis seringkali digunakan sebagai bahan penghilang bau amis dalam beragam jenis seafood. Selain vitamin C, jeruk nipis juga memiliki asam amino, fosfor, serta vitamin B1. Nggak heran kalau antioksidan yang dimiliki jeruk nipis bisa mencerahkan kulit Anda. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian peras dan tampung airnya ke dalam wadah. Oleskan perasan jeruk nipis pada wajah selama 20 menit, lalu bilas kembali dengan air hangat.

5. Pepaya

Buah pepaya terbukti mencerahkan wajah karena kandungan vitamin A, B dan C serta beta-karoten yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang bekerja untuk meregenerasi sel kulit selain menutrisi dan melembapkan. Serat yang tinggi juga membantu Anda dalam urusan sulit buang air besar. Di samping memakannya langsung, pepaya yang dihaluskan juga bisa dijadikan alternatif masker wajah. 

Caranya, pisahkan pepaya dari kulit dan bijinya, lalu blender atau tumbuk sampai halus. Anda bisa mencampurkannya dengan madu, lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas kembali dengan air hangat hingga bersih. [mer-vem]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT