Hemat di Berbagai Penjuru Demi Liburan Keluarga

Rabu, 18 Januari 2017 - 00:00:00 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Banyak keluarga mengidamkan liburan bersama seluruh anggota keluarga, tetapi sebagian besar kesulitan mewujudkannya karena alasan keuangan. Meskipun demikian, kesulitan keuangan tersebut tidak selalu disebabkan penghasilan keluarga yang pas-pasan, tetapi bisa juga sebagian disebabkan perencanaan keuangan yang kurang matang. 

Buktinya, generasi muda saat ini yang baru meniti karier dengan penghasilan rendah pun bisa menyisihkan uang untuk berlibur, bahkan ke luar negeri. Mereka memahami perlunya membuka wawasan dan memperluas pergaulan melalui berwisata ke tempat-tempat baru sehingga mereka berjuang mengatur keuangan agar bisa jalan-jalan. Inilah yang membedakan mereka dari keluarga-keluarga tradisional yang belum memandang liburan sebagai kebutuhan hidup.

Apa saja yang bisa dihemat rumah tangga demi liburan keluarga?

1. Listrik
Berbagai cara menghemat listrik telah banyak dikupas di berbagai sumber di internet dan media massa, mulai dari memakai lampu hemat energi, mematikan lampu jika tidak diperlukan, hingga mencabut kabel perangkat elektronik ketika tidak dipakai. Namun masih banyak rumah tangga membuang energi listrik untuk hal-hal yang tidak penting, misalnya menyetrika pakaian dalam, serbet, taplak, sarung bantal, pakaian rumah, dan jeans padahal kain-kain ini tidak perlu disetrika. Ingat, segala perangkat elektronik yang menghasilkan panas, termasuk setrika, mengonsumsi energi listrik yang besar. Cukup setrika kemeja, celana panjang, pakaian untuk bekerja, dan pakaian sekolah.

2. Air
Berbeda dari listrik yang bisa dinikmati bersama-sama, air hanya bisa dinikmati secara individual. Artinya, setiap anggota keluarga memerlukan jatah air masing-masing untuk mandi, minum, dan buang air. Oleh karena itu, sebisa mungkin manfaatkan air bersamaan. Misalnya, setumpuk pakaian kotor keluarga dicuci bersamaan. Jika Anda sedang merencanakan renovasi rumah, pertimbangkan untuk merombak desain kamar mandi dengan mengubah bak mandi menjadi shower dan membuat mekanisme penampungan air hujan untuk mengisi air siraman WC duduk Anda.

3.Bahan makanan
Belanja bahan makanan paling ideal adalah mingguan daripada eceran setiap hari karena bisa jadi lebih murah dan mempertimbangkan daya tahan bahan makanan tersebut selama disimpan. Kualitas sebagian besar daging, ikan, dan sayuran bisa bertahan hingga sepekan jika disimpan pada suhu lemari es yang tepat. Daging bertahan lebih lama jika dibekukan. Untuk menerapkan cara ini Anda perlu memikirkan apa saja yang Anda perlukan untuk seminggu ke depan.

4. Produk konsumsi
Entah Anda berbelanja di pasar tradisional atau di pasar modern, membeli suatu produk dalam jumlah banyak sering kali menghasilkan harga satuan yang lebih rendah daripada membelinya secara eceran satu per satu. Ini berlaku untuk perlengkapan kamar mandi, produk-produk pembersih rumah, dan makanan kering. Produk-produk jenis ini bisa dibeli sebulan sekali.
5. Pengeluaran di luar rumah. Makan siang dan biaya perjalanan dari/ke tempat bekerja memerlukan anggaran yang cukup besar. Cara mengakalinya adalah dengan membawa bekal makan siang dari rumah. Selain makanan rumah lebih berkualitas, membawa bekal makan siang memunculkan kesan bahwa Anda terurus dan siap menjalani hari. Sedangkan perjalanan dari/ke kantor bisa memanfaatkan situs-situs online berbagi kendaraan yang searah.

6. Liburan itu sendiri
Pengeluaran untuk liburan keluarga itu sendiri bisa dihemat jika Anda merencakannya secara matang. Untuk mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah, pesan sejak jauh hari menggunakan situs-situs pembanding harga tiket pesawat. Demikian juga dengan penginapan, Anda bisa memakai situs-situs pembanding tarif hotel atau memilih menginap di rumah/apartemen biasa yang disewakan. Pilihlah akomodasi di tengah kota atau yang dekat dengan atraksi-atraksi wisata agar bisa dijangkau berjalan kaki.

Setiap keluarga memiliki kesempatan berlibur bersama jika mereka bisa berhemat di berbagai penjuru pengeluaran rumah tangga. Cara menghemat listrik, tips pintar berbelanja bulanan, kiat menekan pengeluaran di luar rumah, dan trik-trik hemat lainnya bisa sedikit demi sedikit membantu mengumpulkan uang untuk liburan keluarga.

Selamat berhemat, selamat merencanakan liburan! [ady-mer]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT