Kemendagri Kembali Akan Surati Pemprov Terkait Wagubri

Kamis, 22 Desember 2016 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Posisi Wakil Gubernur Riau hingga saat ini belum juga diisi dan ada dugaan posisi ini sengaja dibiarkan kosong. Padahal posisi Wakil Gubernur itu penting bagi jalannya roda pemerintahan di daerah dalam membantu gubernur menjalan tugas sebagai kepala daerah.

Menanggapi hal tersebut, Dirjen Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono menyayangkan sikap Pemprov Riau dan partai pengusung, yakni Partai Golkar yang lambat dalam mengusulkan nama calon Wakil Gubernur Riau ke DPRD Riau. Mengingat Kemendagri sendiri sudah dua kali melayangkan surat untuk segera memilih wakil gubernur.

"Kemendagri sudah dua kali menyurati Pemprov Riau agar segera memproses pemilihan Wagub melalui DPRD karena sisa masa jabatan lebih dari 18 bulan. Tapi sampai sekarang belum ada balasan dari Pemprov Riau, makanya kita akan menyurati untuk ketiga kalinya," kata Sumarsono, Kamis (22/12/16) di Kemendagri, Jakarta.

Menurut Sumarsono, dilansir dari riauterkini.com, Pemprov Riau masih menunggu putusan dari partai pengusung, yakni Partai Golkar. Di mana Ketua DPD I Partai Golkar Riau adalah Arsyadjuliandi Rachman, yang notabenenya Gubernur Riau saat ini.

"Dari fasilitasi yang kita lakukan, Pemprov Riau menyatakan masih menunggu usulan dari partai pengusung, yaitu Partai Golkar yang belum juga mengusulkan bakal calon untuk dipilih oleh DPRD Riau," ungkapnya.

Saat ditanya, apakah penempatan posisi Wakil Gubernur Riau ini diduga ada faktor kesengajaan dari Partai Golkar, melihat masa jabatan gubernur dan wakil gubernur tinggal 18 bulan lagi. Sayangnya, Sumarsono enggan memberikan jawaban. [mer]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT