Tips Memilih Jenis Sepatu untuk Liburan

Kamis, 22 Desember 2016 - 00:00:01 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Liburan identik dengan kenyamanan tanpa merepotkan diri sendiri mulai persiapan, perjalanan, hingga saat berada di tempat tujuan liburan. Apa yang Anda kenakan sangat menentukan kenyamanan dan kepraktisan berlibur, salah satunya adalah alas kaki yang perlu dipilih agar tidak salah kostum. Cara paling mudah adalah menyesuaikan alas kaki dengan tempat tujuan dan waktu liburan. Dengan memilih alas kaki yang sesuai, Anda akan merasakan manfaat lain, termasuk kemudahan merawatnya.

Liburan di pegunungan

Dataran tinggi pada umumnya bersifat basah karena lebih sering diguyur hujan sehingga menyebabkan tanah becek dan permukaan pijakan licin. Untuk menyiasati kondisi ini, pilihlah sepatu yang bersol antiselip dan berbahan kedap air. Selain itu, sepatu setinggi mata kaki lebih baik untuk menangkal elemen-elemen agar tidak menyusup selama Anda berjalan menyusuri jalanan bersemak. Biarpun kehujanan, cara menghilangkan bau sepatu gunung jenis ini cukup mudah karena tidak basah kuyup sampai bagian dalam. Ketika bagian luarnya berlumpur pun, sepatu jenis ini mudah dibersihkan karena tidak perlu membasahinya hingga ke dalam. 

Liburan di pantai

Berlibur ke pantai hampir bisa dipastikan terjadi pada saat cuaca cerah. Sebagian besar orang yang berlibur di pantai akan menyempatkan diri bermain air walau hanya sekadar mencelupkan kaki sebatas lutut. Jenis alas kaki yang sesuai untuk liburan seperti ini adalah yang berbahan karet ringan dan tidak menyerap air pada seluruh permukaannya. Materi seperti ini cepat kering tanpa meninggalkan bau tak sedap.

Liburan di kota

Jenis sepatu untuk berlibur jalan-jalan di kota sebaiknya menyesuaikan dengan musim, suhu udara, dan cuaca di tempat tujuan. Yang perlu diingat, berlibur jalan-jalan di kota di luar negeri tidak harus memakai sepatu bot. Kenyamanan lebih penting daripada sekadar gaya.

Musim dingin bersalju. Sepatu bot bertungkai panjang untuk wanita memang diperlukan untuk melawan suhu rendah. Ritsleting di sepanjang tungkainya memudahkan cara menghilangkan bau sepatu jenis ini karena cukup dibuka dan diangin-anginkan setelah dipakai seharian.Pilihlah yang berbahan kulit agar sekaligus bisa bergaya, bukan yang berbahan karet ala sepatu bot untuk banjir.

Musim panas kering. Jika Anda memutuskan mengunjungi suatu kota yang sedang mengalami musim panas, bersiaplah untuk beralas kaki ringan. Memakai bot di musim ini justru akan tampak aneh. Pilihlah jenis sepatu selop tanpa tali atau sepatu kets berbahan kain atau kanvas yang mudah menyerap keringat. Jika Anda cukup percaya diri, sandal jepit pun layak dikenakan asalkan Anda tidak berencana mengunjungi acara-acara atau tempat-tempat yang melarang sandal jepit. 

 Sebagian orang merasa cukup nyaman memakai jenis-jenis sepatu di atas selama dalam perjalanan, baik dengan pesawat maupun dengan mobil, sehingga tidak perlu membawa sepatu cadangan. Jika Anda merasa terlalu repot mengenakan sepatu bot atau sepatu gunung di sepanjang perjalanan, simpan sepatu tersebut di dalam tas bagasi dan kenakan alas kaki yang mudah dilepas di dalam pesawat atau mobil.[ady]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT