Tips Agar Baterai Smartphone Lebih Tahan Lama

Tips Agar Baterai Smartphone Lebih Tahan Lama

Metroterkini.com - Menggunakan fitur di ponsel setiap hari tentunya sangat mengasyikkan, namun kendalanya adalah diperlukan daya baterai yang tahan lama. Kebanyakan smartphone membutuhkan pengecasan lebih dari sekali dalam sehari ketika kita sering memakainya, hal ini tentu saja akan mengganggu mobilitas.

Seperti diketahui smartphone, terutama yang high-end, hadir dengan baterai yang berkapasitas tinggi, tapi sayang spesifikasi seperti layar lebar, layar resolusi tinggi, perangkat keras yang kuat dan lainnya dapat menguras daya baterai.

Beberapa handset memang memiliki fitur penghemat baterai, tetapi biasanya tidak cukup membantu. Namun, tahukah Anda bahwa daya tahan baterai sebenarnya dapat ditingkatkan hingga 30 persen hanya dengan melakukan langkah-langkah sederhana berikut ini  seperti dilansir laman ibtimes:

1. Jangan buka banyak aplikasi
Pastikan Anda tidak menyimpan terlalu banyak aplikasi dibuka pada suatu waktu, karena hal ini tidak hanya menguras baterai, tetapi juga mengkonsumsi memori sistem. Menutup aplikasi yang tidak terpakai dapat meningkatkan daya tahan baterai.

2. Turunkan tingkat kecerahan ponsel
Turunkan tingkat kecerahan ponsel dan matikan auto kecerahan serta fitur warna penambah di smartphone dapat membantu menghemat baterai ponsel. Semakin terang layar smartphone Anda, maka akan semakin banyak juga daya baterai yang dikonsumsi.

3. Matikan WiFi
Matikan WiFi, Bluetooth dan GPS jika tidak digunakan, saat ponsel mencari konektivitas, kondisi tersebut akan mengkonsumsi banyak daya baterai.

4. Matikan Sinkronisasi
Anda dapat meningkatkan daya tahan baterai smartphone dengan mematikan fitur sinkronisasi. Menyinkronkan aplikasi seperti Picasa, Google Plus, Facebook, email, Linkedin dan lain-lain dapat menghabiskan banyak baterai.

5. Gim
3D dan grafis gim berat menghabiskan daya baterai yang sangat banyak. Hindari bermain gim tersebut dan menonton video resolusi tinggi jika ingin baterai ponsel Anda bertahan lebih lama.

6.  Kunci otomatis
Sangat dianjurkan mengurangi waktu layar tunggu atau interval waktu tidur. Gunakan fitur kunci otomatis untuk memastikan bahwa layar ponsel Anda tidak diaktifkan secara sengaja.

Jika masih tidak puas dengan daya hidup baterai smartphone Anda meskipun sudah mengikuti langkah-langkah di atas, satu-satunya pilihan adalah membeli dan menyiapkan Iagar selalu terisi penuh atau bawa selalu baterai cadangan ketika bepergian. [mer-lp6]

 

Berita Lainnya

Index