Trik Mudah Bikin Brownies yang Teksturnya Super Lembut

Ahad, 18 Desember 2016 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Tekstur brownies ada yang kering dan ada yang lembap. Jika suka yang lembap atau fudgy, coba lakukan trik mudah ini.

Meskipun mudah dibuat, tekstur cake ini dipengaruhi oleh jumlah cokelat dan mentega. Ada yang kering ringan dan ada yang 'cakey' atau 'fudgy'.

Disarankan oleh Oprah melalui food.detik, untuk memperhatikan 4 hal ini agar brownies lebih lembap dan fugdy.

1. Tekstur yang diinginkan
Meskipun pakai cokelat bagus dan mengikuti petunjuk resep, beberapa resep memang tidak akan menghasilkan brownies yang lembap.

Menurut Christy Jordan, penulis Southern Dessert Cookbook campurkan lebih banyak mentega yaitu sekitar 1 stick mentega (113,5 gr) untuk loyang berukuran 20x20 cm dan rasio penggunaan cokelat dan tepung setidaknya 180 gram cokelat untuk 70 gram tepung terigu.

2. Tambahkan lemak

Menambahkan telur atau hanya kuning telur sering direkomendasikan untuk hasilkan brownies yang fudgy. Dalam buku terbarunya, Mark Bittman mengatakan bahwa mengaduk kuning telur bersama dengan telur yang disebut dalam resep untuk hasilkan tekstur yang padat. Karena kuning telur mengandung lemak yang memperkaya rasa cake.

3. Tambahkan cokelat
Memakai lebih banyak cokelat dalam adonan membuat brownies lebih punya rasa mewah. Triknya, dengan menambahkan segenggam potongan cokelat. dalam adonan. Selain itu lapisi sedikit frosting cokelat saat brownies masih hangat.

4. Perhatikan lama memanggang
Terlalu cepat waktu memanggang brownies dapat hasilkan tekstur terlalu goopy dan sulit untuk dipotong. Jadi mengatur timer saat memanggang sangat diperlukan.

Untuk mengetahui brownies sudah matang atau belum, tusuk adonan dengan tusuk gigi. Jika tidak ada adonan yang menempel ini menandakan brownies sudah matang. Jangan langsung keluarkan brownies tapi diamkan dulu dalam oven sehingga suhunya turun perlahan. [**]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT