Spons Pencuci Piring 200 Ribu Kali Lebih Kotor dari Toilet

Kamis, 24 November 2016 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Jika selama ini Anda menganggap bahwa tempat sampah,  toilet dan wastafel adalah tempat paling kotor dan penuh bakteri, ternyata dugaan Anda salah. Karena ternyata, spons adalah benda yang bisa 20 ribu kali lebih kotor dari toilet.

Hal ini menjadi lebih buruk, karena spons seringkali digunakan untuk membersihkan banyak barang. Setiap kali mengelap berbagai permukaan menggunakan spons, bakteri akan semakin menumpuk dan menyebar.

Sebuah studi dari University of Arizona menemukan bahwa spons dapur sebenarnya bisa 200 ribu kali lebih kotor dari toilet duduk. Dr Charles Gerba, seorang profesor mikrobiologi dan ahli dalam transmisi patogen melalui air dan makanan, mengatakan bahwa  permukaan yang dingin dari toilet duduk kurang kondusif untuk pertumbuhan jamur ketimbang, permukaan lembap spons yang hangat, demikian dilansir dari vivalife.

Menggunakan spons untuk menggosok bawah talenan yang baru-baru ini digunakan untuk daging mentah atau unggas dapat tercemar dengan bakteri berbahaya seperti salmonella dan E. coli.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Gerba dari 1.000  spons yang digunakan di dapur menemukan bahwa sebanyak 10 persen dari mereka mengandung salmonella, dan meskipun sabun dan air mungkin menghilangkan kotoran dan sisa-sisa makanan, kombinasi ini tidak selalu membunuh bakteri.

Bahkan, air harus setidaknya 140 derajat Fahrenheit agar efektif dalam membunuh kuman. Oleh karena itu, menggosok piring dengan spons kotor pada dasarnya justru akan mentransfer semua bakteri dari talenan, lantai, meja, dan kembali ke piring.

Untungnya, ada cara yang terbukti efektif untuk membersihkan spons Anda. Departemen Pertanian Amerika Serikat menguji empat cara berbeda dan menemukan bahwa memasukkan spons dalam microwave selama satu menit mampu menewaskan 99,999 persen bakteri. [**]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT