PT Merbau Pelalawan Lestari Divonis MA Denda 16 T

Kamis, 17 November 2016 - 00:00:10 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Akibat ulahnya yang terbukti membalak ribuan hektare hutan di Riau, Mahkamah Agung (MA) akhirnya memvonis bersalah PT Merbau Pelalawan Lestari (MPL) dan menghukum perusahaan tersebut untuk membayar denda sebanyak Rp 16 triliun, karena telah merusak lingkungan.

"Menghukum dan memerintahkan Tergugat untuk membayar ganti kerugian lingkungan hidup kepada negara melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia secara langsung enam belas triliun dua ratus empat puluh empat miliar lima ratus tujuh puluh empat juta delapan ratus lima ribu rupiah," putus Majelis Kasasi sebagaimana dilansir website MA, Rabu (16/11/16).

Majelis Hakim Kasasi tersebut diketuai Hakim Agung Prof Dr Takdir Rahmadi dengan anggota Dr Nurul Elmiyah dan I Gusti Agung Sumanatha.

Putusan itu diambil pada Agustus lalu. Hukuman itu, dihitung berdasarkan akibat kerusakan lingkungan hidup akibat pembalakan liar di hutan seluas 5.590 hektare yaitu sebesar Rp 12 triliun.

Selain itu Terbukti pula merusak lingkungan di atas lahan seluas 1.873 hektare dengan nilai kerugian Rp 4 tirliun.

"Menghitung kerugian lingkungan hidup, khususnya masalah perusakan lingkungan terkait kawasan hutan karena kawasan hutan memiliki kekhususan tersendiri memerlukan kategori tersendiri, yaitu adanya kerugian ekologis dan biaya pemulihan kerugian dan biaya pemulihan yang dituntut Penggugat di dalam petitum gugatannya," kata majelis.[Br/bb]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT