Polsek Bantan Coba Mediasi Nelayan Pambang-Muntai

Sabtu, 12 November 2016 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Laporan Zulkarnain, nelayan jaring batu dari Desa Pambang ke Polsek Bantan, karena diduga diancam oleh kelompok nelayan jaring rawai dari Desa Muntai masih dalam tahap upayah mediasi, Sabtu (12/11/2016).

Pohak Polisi Sektor (Polsek) Bantan sudah melayangkan surat panggilan mediasi pertama kepada kelompok nelayan Desa Muntai yang diduga menyerang dan menabrak kapal Zulkarnain saat mencari ikan di perairan Desa Muntai, Senin (7/11/2016) lalu.

Tentang surat panggilan mediasi ini dikatakan Kapolsek Bantan, AKP Yuherman ketika di konfirmasi melalui telepon genggamnya Sabtu (12/11/2016) pagi.

Surat panggilan pertama ini dikeluarkan karena sejak peristiwa insident tersebut, pada 7 November 2016 lalu, pihak Polsek beberapa kali mau memediasi. Namun, kelompok nelayan Muntan ini tidak hadir.

"Makanya kita keluarkan surat panggilan pertama ini, kita juga minta kepada kepala desanya untuk menyampaikan kepada kelompok nelayan di Muntai yang merupakan terlapor untuk datang ke kantor Polsek," kata AKP Yuherman.

Peristiwa penyerangan ini berawal ketika, Senin (7/11/2016), Zulkarnain nelayan Pambang yang tengah mencari ikan dengan jaring batu di perairan Desa Muntai, diserang oleh kelompok nelayan jaring rawai dari Desa Muntai. Kedua kubu nyaris bentrok pisik. Dalam peristiwa itu, kapal milik nelayan Pambang Kecamatan Bantan ini ditabrak oleh nelayan Muntai.

Menurut Yuherman, apabila surat panggilan mediasi pertama ini diabaikan terlapor, pihaknya akan mengirim surat panggilan kedua dan ketiga.

Jika surat panggilan mediasi ketiga juga diabaikan, ungkap Yuherman, pihak Polsek akan memproses laporan korban sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Saat ini kita ikuti prosedur dulu, namun apabila diabaikan maka kita akan masuk ke jalur hukum, kita sudah siapkan berita acara pemeriksaan (BAP) dari pelapor, dan kita akan proses BAP terlapor," tambah Kapolsek Bantan.

Sejauh ini menurut Yuherman pihaknya belum tahu ada atau tidaknya itikat baik dari nelayan Muntai, karena sudah beberapa kali diajak untuk mediasi namun tetap diabaikan. [rdi]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT