Harga Cabai Naik Mencapai Rp 100.000 per Kg

Harga Cabai Naik Mencapai Rp 100.000 per Kg

Metroterkini.com - Harga cabai di pasar tradisional pekanbaru hari ini semakin melejit semula hanya Rp 60.000/kg kini mencapai Rp 100.000 per kg, Sementara untuk harga cabai rawit Rp 60.000 per kg yang semula hanya Rp 32.000/kg nya.

Akibat cuaca ekstrem di beberapa daerah hal tersebutlah yang membuat petani gagal panen sehingga harga cabai semakin melonjak ucap salah seorang penjual pak yadi di pasar arengka pekanbaru. Memang ada cabai yang masih Rp 60.000/kg itu untuk cabai medan tetapi pasokannya tidak ada sehingga pembeli pun tetap harus membeli cabai dengan harga mahal tersebut.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan mencatat memang terdapat kenaikan yang cukup signifikan terhadap komoditas pangan terutama cabai. Harga cabai di pasaran menurut menurut situs harga bahan pokok milik Pemprov DKI Jakarta, www.infopangan.go.id, harga cabai merah sebelumnya Rp 80.000/kg namun kini menembus hingga Rp 100.000/kg

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan, hal ini dikarenakan musim hujan yang mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia. "Dan setelah kita konfirmasi ke Kementerian Pertanian (Kementan) itu bukan tidak ada stoknya, stok banyak, cuma tidak berani dipanen karena cuaca," katanya jum'at lalu.

Namun masyarakat berharap pemerintah bisa secepatnya menstabilkan harga cabai tersebut dengan cara operasi pasar atau lainnya sehingga mebuat stabil harga pangan sehingga harga cabai tidak menyebabkan inflasi secara global seperti pada bulan september lalu. [na]

Berita Lainnya

Index