Tokoh Masyarakat Ragukan Penetapan KPU Bangkep

Selasa, 01 November 2016 - 00:00:19 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banggai Kepulauan (Bangkep) telah resmi menetapkan empat pasangan calon bupati dan wakil bupati Bangkep dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2017, melalui rapat pleno penetapan di Ruang Rapat KPU setempat.

Empat pasangan calon tersebut yaitu Irianto Malingong-Hesmon FVL Pandili (Irhes), Zainal Mus-Rais Adam (Zamra), Herry Ludong-Ajumain Lumbon dan Delmard Siako-Nadjib Bangunan.

Sayangnya, penetapan tersebut terus menuai kontroversi. Setelah sejumlah masyarakat Bangkep mengadu ke Mabes Polri dan Kejagung, hingga menulis surat terbuka untuk Presiden RI, KPU hingga 
Bawaslu, kini giliran tokoh masyarakat Bangkep dan Tokoh Pemuda meragukan penetapan calon bupati dan wakil bupati Bangkep oleh KPU Bangkep.

“Ada lima hal yang membuat kami ragu pada penetapan tersebut,” ujar H Parli saat dihubungi, Selasa (1/11).

Pertama, Dokter yang memeriksa kesehatan para calon tidak sesuai dengan yang ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan. “Sehingga salah satu kandidat yang sudah terkena stroke dan tak bisa berdiri lama ternyata diloloskan oleh KPU,” tegasnya.

Celakanya, lanjut Parli,  Ketua Tim Kesehatan yang memeriksa adalah istri dari salah satu Ketua Partai pengusung kandidat.

Parli menambahkan, perihal tes bebas narkoba untuk seluruh kandidat pun tidak lengkap atau hanya tes urine dan darah, tanpa tes rambut.

Selain itu, pihaknya juga mempersoalkan keabsahan ijazah salah satu kandidat. “Ada salah satu calon yang waktu pendaftaran menyetorkan ijazah sarjana bertitle SE. Saat akan verifikasi, ijazah tersebut di tarik kembali dan akhirnya yang bersangkutan menggunakan ijazah SMA.

Terakhir tentang Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) salah satu calon. “Ini juga diloloskan, padahal dia sedang menjalani permasalaham hukum di Maluku Utara,” paparnya.

Sebagai bukti bahwa tokoh masyarakat Bangkep hingga tokoh pemuda meragukan penetapan KPU Bangkep, mereka beramai-ramai membubuhkan tandatangan di lembaran-lembaran kertas. 

“Rencananya akan kami kirim ke KPU Bangkep. Keinginan kami hanya satu, Bangkep ke depannya di pimpin oleh orang yang benar-benar bersih,” tutup Parli. [sjah]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT