Dokumen Asli TPF Munir Hilang Dinilai Janggal

Rabu, 26 Oktober 2016 - 00:00:22 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Trimedya Pandjaitan menilai janggal hilangnya dokumen Tim Pencari Fakta (TPF) kasus pembunuhan aktivis hak asasi manusia (HAM), Munir. Trimedya bertanya-tanya bagaimana bisa dokumen sepenting itu bisa hilang.

"Masak negara bisa kehilangan arsip, ini sesuatu yang agak janggal," kata Trimedya. Gedung DPR RI Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Trimedya menegaskan, hilangnya dokumen TPF itu merupakan kesalahan fatal. Semua pihak yang terlibat harus diperiksa dan dimintai pertanggungjawaban.

"Para pembantu mantan Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) harus dipanggil, Mensesneg, Kapolri, atau siapa saat era SBY," ucap Trimedya.

Selain itu, Trimedya meminta Kejaksaan Agung agar tidak terpaku dengan dokumen asli. Jangan sampai proses pemeriksaan terhenti hanya karena dokumen asli disebutkan hilang oleh pemerintah.

"Dokumen itu bisa menjadi kebijakan penyelesaain pelanggaran HAM, dan juga dalam ketentuannya tidak ada bertindak atas dokumen asli," ujar Trimedya. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT