Mendagri Tunjuk Sumarsono Jadi Plt Gubernur DKI

Rabu, 26 Oktober 2016 - 00:00:18 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melantik Direktur Jenderal bidang Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta. Tjahjo menyebut Sumarsono merupakan sosok berpengalaman dan rekam jejaknya baik.

"Eselon I, pangkat tertinggi IV E, sudah punya pengalaman di bawah. Kemudian track record (rekam jejak) baik selama ini," kata Tjahjo usai pelantikan Sumarsono di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2016).

Tjahjo meminta Sumarsono menjaga kekompakan seluruh elemen pimpinan di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal yang sama juga disampaikan kepada Plt Gubernur Banten Nata Irawan. Kata dia, Jakarta menjadi barometer terhadap pelaksanaan pilkada 2017.

Bahkan, proses pencalonan kepala daerah di Jakarta sudah berjalan sejak tahun lalu. Tjahjo pun meminta Sumarsono memfasilitasi pelaksanaan pilkada. "Saya pesankan khusus, jaga kekompakan," kata Tjahjo.

Tjahjo juga meminta Sumarsono melibatkan Kepolisian, TNI, unsur intelijen, dan tokoh masyarakat saat mengunjungi masyarakat.

Sumarsono dan Nata menjadi plt gubernur karena Basuki Tjahaja Purnama dan Rano Karno cuti dari jabatan Gubernur DKI dan Gubernur Banten untuk kampanye Pilkada 2017. Pelaksana tugas gubernur akan menjabat hingga 11 Februari 2017.

Sumarsono punya cara sendiri untuk menyukseskan Pilkada DKI. Ia akan membuat program forum pilkada damai. Forum itu akan menjadi wadah pimpinan daerah, tim sukses tiga pasangan calon, KPU, dan Bawaslu.

"Setiap ada perbedaan pendapat bisa selesai di forum itu," kata dia.

Sumarsono mengharapkan dukungan dari Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan dalam menjalankan tugas memimpin Ibu Kota. Ia juga akan menemui tiga pasangan calon yang bertarung di Pilkada DKI, Agus Harimurti-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. [mtv]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT