17 Tahun Rohil, Bupati Ajak Syukuri Otonomi Daerah

Senin, 24 Oktober 2016 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Puncak peringatan HUT Kabupaten Rokan Hilir yang ke-17 digelar sidang paripurna istimewa DPRD yang bertempat di Gedung Serbaguna Selasa (4/10/2016) Jalan Gedung Nasional, Bagansiapiapi yang dihadiri seluruh Forkompinda Rohil. Berdasarkan UU Nomor 53 Tahun 1999 dan berdasarkan Perda kabupaten Rohil nomor 02 tahun 2001, tepatnya ditetapkan tanggal 4 Oktober, maka terbentuklah Kabupaten Rohil.

Ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan membuka secara langsung sidang paripurna istimewa hut ke -17 kabupaten Rohil, yang didampingi Wakil Ketua l DPRD Rohil Abdul Qosim,Wakil ketua ll Syafrudin, dan dihadiri juga oleh seluruh anggota DPRD Rohil dengan memaparkan kegiatan sempena HUT Kabupaten Rohil dan acara tersebut juga dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al Quran.

Sementara itu yang menghadiri acara itu, Sekdaprov Ahmad Hijazi yang mewakili Gubernur Riau, Bupati Rohil H Suyatno, Wakil Bupati Rohil Jamiluddin, Sekwan Rohil Syamsuri Achmad, Kodim 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, Kapolres Rohil AKBP Hendri Posma Lubis, Mantan Bupati Rohil Drs H Wan Thamrin Hasim, tiga mantan Sekda Rohil Asmirin Usman, Asrul M Noor,dan Wan Amir Firdaus, dan M. Job Kurniawan, para staf ahli, Kepala Dinas, Badan dan Kantor, para tokoh agama, organisasi masyarakat, PP, KNPI, IKP, dan seluruh Wartawan Rohil yang ikut menyaksikan hari istimewa tersebut.

Dalam Sambutan Bupati Suyatno menyampaikan tentang terbentuknya kabupaten Rohil yang kini memasuki usia yang ke-17 Tahun, adalah merupakan perjuangan dan usaha para tokoh masyarakat Rohil, alim ulama, cerdik pandai dan para pemuda.

Empat Oktober mendatang usia Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) genap 17 tahun. Menjelang hari jadi itu Bupati Rohil H Suyatno AMp mengingatkan warganya agar mensyukuri atas berkah otonomi daerah dengan terbentuknya kabupaten tersebut.

Dalam kesempatan ini, panitia juga memnyerahkan piala pemennag pertandingan bola voli, marcing band, pakaian melayu, dan lomba hymne serta mars Rohil.

Bupati Rokan Hilir H. Suyatno mengatakan kegiatan fun bike dilaksanakan dalam rangka hari jadi Rohil ke-17 tahun 2016. Diharapkan di usia ke 17 tahun masyarakat Rohil sejahtera, aman dan damai, terutama dalam menyongsong pembangunan daerah. Panitia juga menyediakan banyak doorprize dalam lomba ini.

Ribuan warga Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Riau antusias menyaksikan hiburan rakyat lomba Panjat Pinang yang ditaja oleh pemerintah setempat di objek Wisata Bay Park, Minggu (2/10).

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Rohil Surya Arfan saat membuka hiburan rakyat, Minggu mengatakan, perlombaan ini merupakan ide dari Bupati Rokan Hilir Suyatno dan Wakil Bupati Jamiludin.

"Kegiatan ini langsung perintah Bupati karena pengalaman yang sudah-sudah bahwa warga sangat senang apabila dibuatkan hiburan rakyat. Perlombaan ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Rohil ke 17 yang jatuh pada 4 Oktober 2016," kata Surya Arfan.

Selain lomba panjat pinang, Pemkab Rohil juga menggelar perlombaan Pacu Sampan Engkrang dan Bakiak.

Sebanyak 44 kelompok mengikuti perlombaan Panjat Pinang terdiri dari perwakilan 12 desa dan kepenghuluan di Kecamatan Bangko serta pihak umum. Sementara untuk pacu sampan diikuti 54 kelompok dari kalangan masyarakat.

Kemeriahan lomba Panjat Pinang terlihat saat peserta diikuti oleh ibu-ibu warga setempat. Meksipun terlihat kesulitan namun tidak pantang menyerah dan terus berusaha memanjat batang pinang yang sudah diberikan oli pelumas.

"Jumlah batang pinang ada 17 batang sesuai dengan hari jadi Rohil ke 17," kata Sekda Rohil.

Ia menilai banyak sekali dampak yang dirasakan oleh masyarakat setelah digelar berbagai perlombaan.

"Semua aspek laris seperti pedagang yang berjualan serta parkir oleh organisasi pemuda setempat," tuturnya. [adv-humas]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT