Manfaat Solo Travel, Jalan-Jalan Sendiri Tanpa Teman

Jumat, 21 Oktober 2016 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sekarang, liburan jadi kebutuhan sekaligus gaya hidup bagi masyarakat perkotaan. Menghilang sejenak dari tugas dan hal menyebalkan yang biasa ditemui sehari-hari.

Nah, soal pelesir ini ada beberapa tipe. Mereka yang memilih pergi bersama teman, pacar, keluarga dan sendirian. Di poin terakhir sepertinya menarik untuk dibahas!

Eits, jangan berpikiran dia yang jalan-jalan sendiri itu enggak punya teman. Sebenarnya, ada manfaat dari berpergian sendirian, lho!

Hugo Amsellem, seorang Travel Blogger menjelaskan, ada begitu banyak hal yang bisa didapatkan seseorang yang melakukan perjalanan sendirian.

"Empat bulan yang lalu, saya memutuskan keluar dari pekerjaan saya, meninggalkan Paris dan menghabiskanwaktu satuntahun untuk keliling Amerika Latin. Saya bertemu begitu banyak orang mereka mengatakan, "Wow, itu mimpi saya, tapi saya tidak pernah bisa melakukannya" kata Hugo dilansir dari Huffington Post.

Jangan takut untuk melakukan perjalanan seorang diri. Ini bisa dilakukan siapapun tidak mengenal batasan. Berikut manfaat dari solo traveling, dilansir dari CNN:

Manajemen diri

Tahukah kamu apa yang menjadi halangan untuk solo traveling? Bangun pagi, mempersiapkan segala kebutuhan sendiri dan ketakutan berpegian sendirian. Tips yang efektif adalah persiapkan pakaian untuk berjalan pada malam sebelumnya, letakkan di kursi samping tempat tidur. Ini akan menjadi hal pertama yang kamu lihat di pagi hari. Membuat kamu terinspirasi untuk segera bergerak.

"Saya telah menemukan bahwa sebagian besar orang, menjadikan 'kesendirian' itu sebagai rintangan pertama dan alasan pertama. "Bagaimana jika bepergian sendirian tidak cocok bagi saya?", dan kekhawatiran lainnya," kata dia.

Maka dari itu, Hugo menyarankan, untuk mencobanya selama satu minggu. Maka kamu akan tahu, apakah bepergian sendirian cocok atau tidak bagi kamu.

Banyak pengalaman

Pengalaman adalah alasan pasti mengapa kamu harus merasakan bepergian sendirian. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan perjalanan sendiri. Pengalaman bahkan dapat mengubah seseorang, tentang hubungannya dengan dunia luar, dengan orang lain dan dengan dirinya sendiri. Ini benar-benar menyenangkan.

Ini adalah sesuatu yang setiap orang butuhkan, pengalaman untuk dirinya sendiri. Dapatkan pengalaman dan kamu akan melihat sendiri betapa mudahnya melakukan perjalanan sendiri.

Memperluas zona nyaman

Jangan keluar dari zona nyaman kamu saat ini, melainkan kamu harus memperluasnya. Kembangkan zona nyaman kamu dengan hal-hal baru, seperti makan sendirian di restoran, atau berbincang dengan orang-orang baru, ikuti mereka percakapan mereka. Dan kebanyakan dari semua, kita akan merasa nyaman dari ketidaktahuan.

Ketika bepergian sendirian untuk waktu seminggu, jangan kaget dengan situasi di luar rencana kamu. Karena nantinya akan selalu ada tiket tambahan untuk bus, tempat tidur tambahan di hostel, dan duduk di dalam mobil keren orang yang baru saja kamu temui.

Pilih negara yang dekat dengan dan nyaman. Jika kita tinggal di Indonesia misalnya, cobalah pergi ke negara Asia, seperti Thailand, Myanmar atau Jepang. Masih dalam zona nyaman, kan? Perhatikan pula beberapa hal, secara fisik makanan, keamanan dan fasilitas, emosional budaya, perbedaan waktu dan finansial.

Jangan mengubah rencana

Ya, rencana liburan. Keuntungan dari seorang Solo Travel satu minggu adalah bahwa kamu masih dapat melanjutkan liburan dengan keluarga kamu, dengan kekasih atau teman kamu. Hanya saja waktunya sedikit berkurang. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT