Ilmuwan Jepang Ciptakan Sel Telur dari Ekor Tikus

Selasa, 18 Oktober 2016 - 00:00:23 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan terus maju dan menemukan hal yang selama ini dianggap aneh, namun menjadi kenyataan. Seperti kemungkinan untuk memiliki keturunan tanpa memerlukan sel telur.

Seperti diketahui dalam ilmu biologi dasar bahwa untuk menghasilkan embrio perlu ada pembuahan antara sel telur dan sperma. Namun ilmuwan Jepang berhasil menemukan cara untuk membuatnya hanya dengan menggunakan sel dari kulit sebagai pengganti sel telur.

Profesor Katsuhiko Hayashi dari Kyushu University dalam jurnal Nature dan timnya berhasil memprogram ulang sel kulit dari ekor tikus agar menjadi sel punca. Sel punca sendiri adalah sel induk dasar yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi sel apa saja.

Ketika sudah diperoleh sel punca, Prof Katsuhiko mengubahnya untuk menjadi sel telur dan inilah yang digunakan untuk mengembangbiakkan tikus-tikus hidup. Para tikus yang lahir dengan metode tersebut dilaporkan sehat dan bahkan bisa memiliki keturunannya sendiri.

"Suatu saat nanti pendekatan ini mungkin dapat bermanfaat untuk wanita yang kehilangan kesuburannya di usia muda. Juga untuk meningkatkan terapi kesuburan yang ada," komentar Profesor Richard Anderson dari MRC Centre for Reproductive Health, University of Edinburgh, dikutip dari BBC, Selasa (18/10/2016).

"Tapi analisis yang sangat hati-hati dalam studi menunjukkan kompleksitas prosesnya sehingga mungkin metode ini masih jauh dari optimal," lanjut Prof Richard.

Studi pada tikus kemungkinan akan berbeda bila dilakukan pada manusia. Beberapa ahli memperingatkan bahaya bila melanjutkan eksperimen ke manusia sementara lainnya mempertanyakan masalah etika. [detik]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT