Terkait Kebakaran Lahan 2015, PT Musi Mas Buat Kanal Bloc King

Senin, 17 Oktober 2016 - 00:00:13 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Maraknya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karlahut) MM melakukan Sosialisasi yang dilaksanakan di Desa Betung tersebut dihadiri oleh sejumlah instansi, hal ini terkait memerangi karlahut ini, PT Musim Mas juga menggandeng organisasi kemahasiswaan.

Humas PT Musim Mas, T. Kanna, mengatakan sosialisasi ini bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan karlahut dengan slogan 'Masyarakat Bebas Api 2016', selain itu, perusahaan juga menjalankan amanat undang-undang nomor 39 tahun 2014 tentang perkebunan.

"Undang-undang pasal 56 ayat (1) diamanahkan bahwa, setiap pelaku usaha perkebunan dilarang membuka dan/atau mengolah lahan dengan cara membakar. Ayat (2), setiap pelaku usaha perkebunan berkewajiban memiliki sistem, sarana, dan prasarana pengendalian kebakaran lahan dan kebun," Jelas Kanna.

Dijelaskannya agar Karlahut ini tak mampir lagi yang berdampak terhadap rusaknya lingkungan dan kesehatan. Jadi, semua pihak harus saling bersinergi mencegah karlahut ini. Sementara dalam pengelolaan perkebunan, perusahaan melakukan praktik zero burning alias tidak melakukan pembakaran lahan.

"Hadir Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pelalawan, Badan Lingkungan Hidup, pihak Polri dan TNI, Camat Pangkalan Kuras serta masyarakat peduli api desa Betung, Kesuma dan Batang Kulim serta Kepala Desa Betung," Tukasnya.

Dilanjut Kanna Perusahaan ini sangat serius memerangi karlahut dengan membuat kanal bloc-king hingga mencapai 14 kilometer, embung-embung serta menara pemantau. Musim Mas juga miliki tim khusus yang telah bersertiflkasi dalam upaya memerangi karlahut.[basya/hum]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT