Tahun Baru Islam, Banyak Lupa Kapan 1 Muharram

Ahad, 02 Oktober 2016 - 00:00:01 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Tanggal 1 Muharram 1438 Hijriyah adalah tahun baru Islam, yang pada tajun ini jatuh pada 2 Oktober 2016 menurut penanggalan kalender berdasarkan peredaran bulan, dan penetapan hilal yang menjadi tolok ukur dalam penanggalan Islam setiap bulannya.

Adapun kepastian tentang kapan jatuhnya Tahun baru Islam 2016 atau 1 Muharram 1438 Hijriah akan ditentukan dalam rukyiah hilal yang akan ditetapkan pemerintah berdasarkan penelitian oleh dua ormas Islam terbesar ditanah air yakni Nahdatul Ulama dan muhammadiyah. Tahun Baru Islam 2016, 1 Muharram 1438 Hijriyah jatuh tanggal 2 Oktober 2016.

Kegiatan menyambut 1 Muharram diperingati dengan berbagai kegiatan ibadah seperti berpuasa Asyura, melakukan pengajian dan berdo’a agar diberikan anugrah hidup dan penghidupan yang lebih baik dunia dan akhirat, dan tak jarang dikomunitas seperti pesantren-pesantren melakukan kegiatan pawai menyambut tahun baru islam dengan membawa obor dan rebana sebagai upaya memperingati 1 Muharram 2016.

Ibadah puasa sunnah memasuki bulan muharram selaras dengan anjuran dan hadis nabi, Bulan Muharram adalah salah satu bulan yang dianjurkan untuk berpuasa sunnah oleh Rasulullah SAW kepada umat islam berdasarkan sabdanya yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurariroh, berkata, ”Rasulullah saw bersabda, ’Puasa yang paling afdhol setelah bulan Ramadhan adalah bulan Allah al Muharram dan shalat yang paling afdhol setelah shalat fardhu adalah shalat malam.”

Imam Nawawi mengatakan bahwa bulan ini (Muharram) adalah bulan yang paling utama untuk berpuasa.

Pendapat ulama mengatakan bahwa yang paling utama untuk melakukan ibadah berpuasa dibulan Muharram ini adalah pada 10 hari pertama, sebagaimana dikatakan oleh al Mardawi didalam kitab “al Inshaf” yang paling pokok dari bulan Muharram adalah hari kesepuluh atau puasa Asyu’ra kemudian pada hari kesembilan atau tasuua’a lalu sepuluh hari pertama.

Tahun Baru Islam 2016 pada tanggal 1 Muharram 1438 H kemungkinan besar jatuh pada tanggal 2 Oktober 2016 hari Minggu, namun untuk kepastian penetapannya harus menunggu rukiyah hilal yang akan diselenggarakan Sabtu 1 Oktober oleh dua Ormas (NU dan Muhammadiyah) hingga Hilal benar-benar bisa terlihat secara pasti yang akan dipantau dari berbagai wilayah di Indonesia.

Namun disayangkan, sebagian masyarakat dan kalangan anak muda saat ini banyak yang lupa kapan masuknya 1 Muharram. "Sayang, gaung 1 Muharram hilang jika dibandingkan tahun baru," ungkap Imam Sofi'i.

"Seharusnya media juga berperan mengembangkan syiar Islam, karena Indonesia penduduknya 90 persen Islam. Kok anehnya, nuansa menyambut tahun baru Islam pudar. Ini lucu pak, sudah ngawur ini semua," tambahnya pada metroterkini, Minggu (2/10/2016). [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT