Mobil SUV Ukuran Kecil Kian Booming

Mobil SUV Ukuran Kecil Kian Booming

Metroterkini.com - Mobil yang digemari di pasar Indonesia kini mulai mengalami peralihan. Dari yang sebelumnya MPV (Multi Purpose Vehicle) sekarang mulai beralih ke SUV (Sport Utility Vehicle).

Para Agen Pemegang Merek (APM) berlomba-lomba memproduksi mobil di segmen tersebut. Misalnya saja Toyota dengan C-HR.

"Tren pasar ke depan itu SUV kecil meningkat jika dibandingkan dengan MPV. Kalau kita tanya sedan kalau pendapatan meningkat ada kemungkinan meningkat," ungkap Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, di Fairmont Hotel, Jakarta. 

C-HR akan diluncurkan Toyota Jepang pada November 2016 mendatang. Nampaknya SUV mungil ini juga bakalan masuk ke Indonesia. 

"Ada kemungkinan lah, belum tahu (akhir tahun)," jelas Warih. 

Saat ditanya apakah C-HR juga bakalan diproduksi di Indonesia, Warih menjawab apabila pasar domestiknya memang menjanjikan bukan tidak mungkin SUV tersebut diproduksi dalam negeri. 

"Jawabnya harus general semua produk dari prinsip suatu OEM itu domestik market. Kalau domestik market secara ekonomis memungkinkan pasti diproduksi dalam negeri," tutur Warih. 

Mobil ini memang sudah sering menjadi perbincangan sejak debut pertama kali di Paris Motor Show 2014 dalam bentuk konsep. Bahkan mobil ini juga turut dipajang di berbagai pameran dunia seperti Frankfurt Motor Show ke-66 pada 2015 lalu.

Setahun setelahnya, crossover SUV ini diboyong ke Tokyo Motor Show ke-44. Melalui gayanya yang khas dan performa berkendara dengan fitur-fitur yang ada, Toyota berharap bisa meningkatkan permintaan dari C-HR dari konsumen yang lebih luas lagi seiring dengan pertumbuhan mobil jenis SUV. [dto]

Berita Lainnya

Index