Pekan Batik Nasional Akan Dihadiri Lima Dubes

Pekan Batik Nasional Akan Dihadiri Lima Dubes

Metroterkini.com - Lima duta besar negara sahabat menyatakan siap hadir pada pembukaan Pekan Batik Nusantara (PBN) di Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan dijadwalkan 4 Oktober 2016.

Ketua Panitia PBN Pekalongan, Slamet Prihantono di Pekalongan, Sabtu mengatakan kelima Dubes Afrika Selatan, Filipina, Singapura, Korea Selatan, dan Malaysia. 

Kelima Dubes sudah konfirmasi akan hadir dalam pembukaan dan sekaligus mengikuti kegiatan membatik bersama, ujar Slamet.

Selain kehadiran duta besar dari lima negara, kata dia, PBN direncanakan dibuka Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

"Kami masih menunggu kepastian kehadiran Menko PMK. Menurut informasi terakhir, surat dari pemkot sudah diturunkan pada putri Megawati tersebut," katanya.

Ia mengatakan pada kegiatan PBN, pemkot juga akan menggelar gala dinner dan fashion show mahakarya batik Pekalongan. 

Ada 72 kain batik rancangan sembilan orang "desainer" dari Kota Pekalongan seperti dari Zikin Desain, Qonita, Tobal Batik, dan Desainer Mode.

"Pada fashion show tersebut akan dibuktikan dan menunjukan bagaimana desainer sudah bisa bersaing dan dapat dianggap sejajar di khasanah fashion batik Indonesia," katanya.

Wali Kota Pekalongan, Alf Arslan Djunaid mengatakan PBN 2016 tidak sekadar menjadi acara seremonial belaka tetapi akan ditindakanjuti dengan langkah pembinaan terhadap UKM.

"Kendati demikian, kami juga akan kenalkan sejumlah produk unggulan lain, seperti usaha konveksi, tekstil, hingga ATBM yang dulu sempat berjaya," katanya kepada antaranews. [ant]

Berita Lainnya

Index