Ritual 5 Tahunan, Warga Tionghoa Panipahan Bakar Tongkang

Senin, 26 September 2016 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Ritual bakar Tongkang bagi warga masyarakat Tionghoa di Rokan Hilir Riau, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dan acara kali yang dilakukan di Kecamatan Pasir Limau Kapas tepatnya di Panipahan merupakan acara yang dilakukan setiap lima tahun sekali.

Ritual ini merupakan permohonan doa kaum Tionghoa kepada sang pencipta dan doa buat para lelur serta dewa, agar mereka senantiasa diberikan perlindungan. Kegiatan bakar Tongkang yang berlangsung pada Senin (26/9/2016) dilaksanakan pukul 15.00 WIB.

Kegiatan ritual ini dilakukan warga Tionghoa Panipahan tepatnya di Pekong Datuk tertua di Panipahan kecamatan Pasir Limau Kapas Rokan Hilir Riau.

Salah seorang warga Tionghoa yang mengikuti ritual ini mengatakan, ritual bakar Tongkang ini merupakan ritual lima tahunan yang diikuti warga Tionghoa Panipahan dan warga Tionghoa dari luar seperti dari Sumatera Utara, Jakarta dan Pulau Halang serta daerah lainya.

Ritual ini juga dihadiri oleh Penghulu Panipahan Edy Syahrial serta masyarakat setempat. Acara juga mendapat pengawalan dari pihak kepolisian Sektor Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas Rokan Hilir Riau. Tampak juga Kapolsek Panipahan AKP Kamsir, SH.

Ritual yang berlangsung dua jam ini terlihat para warga Tionghoa melakukan sembahyang dengan membakar hiu dan bau kayu gaharu semerbak memehuni arena bakar Tongkang. Ritual yang dipimpin petinggi agama melaksanakan ini dengan sempurna. 

Ritual ini juga menjadi tontonan warga setempat dan layak sebuah ivent wisata tersendiri bagi masyarakat Panipahan khususnya karena saat kecil Panipahan yang berada di wilayah pesisir dan berhadapan denga laut ini terlihat ramai kerena kedatang pengunjung yang mengikuti kegiatan bakar tongkang yan diadakan lima tahun sekali. [mustar]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT