Inilah Posisi Tangan Paling Tepat Saat Menyetir

Jumat, 23 September 2016 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.c0m - Berkendara bukan hanya soal kesiapan kendaraan namun juga kesiapan pengemudi. Salah satunya apabila berkendara jarak jauh yang membutuhkan konsentrasi sepanjang waktu.

Salah satu yang berpengaruh adalah posisi tangan di atas lingkar kemudi. Banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui bagaimana posisi tangan yang benar termasuk untuk perjalanan jauh.
“Posisi tangan yang paling tepat saat berkendara jauh adalah di posisi jam 3 dan 9. Posisi ini adalah yang paling tepat karena meminimalisir kelelahan menggenggam lingkar kemudi,” ucap Gerry dilansir Otomania.
 
Nasution, Certified BMW Driver saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu. Posisi tangan ini juga memudahkan untuk merespon kondisi jalan dengan cepat. Radius putar 90 derajat juga masih dapat dilakukan tanpa melepaskan tangan dari kemudi.

Selain itu, posisi tangan 3-9 juga memudahkan pengemudi untuk mengoperasikan tombol-tombol bantuan di mobil meski hanya menyisakan satu tangan di kemudi.
“Posisi ini paling aman terutama jika terjadi kecelakaan. Airbag yang mengembang tidak akan melukai tangan. Bayangkan jika posisi tangan di arah lain, bisa-bisa tangan terluka akibat kecepatan airbag,” ucap Gerry. [oto]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT