KKP & DKP Bengkalis Taja Bimtek Penanaman Vegetasi Pantai

Jumat, 23 September 2016 - 00:00:03 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Sebanyak 110 peserta yang terdiri dari perwakilan SKPD, pelajar, guru, pemuda dan perwakilan masyarakat Pulau Bengkalis mengikuti pelatihan bimbingan teknis penanamaan vegetasi pantai dipulau - pulau kecil yang digelar Direktorat Pendayagunaan Pulau Pulau Kecil, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan ini berlangsung semalam dua hari, Rabu dan Kamis (21-22/9/16) itu dipusatkan di Gedung Pertemuan UPTD Kecamatan Bantan.

Kepala DKP Kabupaten Bengkalis, Amril Fakhri saat membuka Bimtek mengatakan,
sangat mengapresiasi program dari kementrian dalam upaya rehabilitasi kawasan pesisir dengan cara menanam vegetasi pantai

"Kepada peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh sungguh sehingga dapat diimplentasikan dan memberi manfaat bagi masyarakat pesisir dan Pulau Bengkalis," harap Amril.

Sementara Kepala Sub Direktorat Penataan Lingkungan, Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KKP, Gustiawirman memaparkan, pemerintah telah melakukan berbagai program rehablitasi diberbagai ekosistem di wilayah pesisir dan pulau -pulau kecil, namun laju kerusakan lebih cepat dari pada laju rehabilitasi.

 "Salah satu upaya untuk menjaga ekosistem tersebut dengan cara menanam vegetasi pantai dengan baik dan benar sesuai dengan kepentingan dan peruntukannya," kata pria yang akrap disapa Pak Firman ini.

 "Berkurangannya vegetasi pantai (mangrove) dapat berpengaruh pada berkurangnya pulau Bengkalis ini," ujar Firman.

 Firman juga berharap kepada masyarakat yang berdomisili di pesisir pantai dapat menjaga dan mengembangkan vegetasi pantai dengan cara memelihara dan menanam mangrove.

Sebelumya Ketua Panitia Pelaksana, Asharuddin  mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kapasitas masyarakat mengenai pengelolaan dan  penanaman vegetasi pantai yang baik dan benar.

"Di samping itu juga, kegiatan ini dapat menumbuhkan kebersamaan dan rasa tangung jawab untuk mengelola, menjaga dan memelihara ekosistem termasuk vegetasi di lingkungan pulau - pulau kecil," ujar Kabid Pesisir dan Pulau Kecil Kabupaten Bengkalis, Asharuddin.

Bimtek menghadirkan narasumber dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, Dr. Romie Jhonnerie dan guru SMKN1 Nanang Hermoyo, S.Pi, M.Si. [rdi]

 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT