Jokowi ke Ponorogo, Pemerintah Segera Terapkan Full Day School

Selasa, 20 September 2016 - 00:00:02 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pemerintah RI akan segera menerapkan Full Day School bagi sekolah-sekolah yang siap. Penegasan itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerja ke Ponorogo, Jatim, Senin (19/9/16) kemarin. 

Metode penerapan Full Day School selama ini sudah diterapkan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Terbukti banyak alumni PMDG sukses karirnya baik di Politik, Birokrasi, Pengusaha dan sektor lainnya. Sebut saja KH. Hasyim Muzadi, Din Samsudin, Emha Ainun Nadjib, Nurcholish Madjid, Idham Khalid, Aburizal Bakri, Lukman Hakim Saifuddin, Hidayat Nur Wahid dan tokoh lainnya adalah contoh alumni dari PMDG.

Saat meninjau Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT), di Lapangan Kantor Kecamatan Jambon, Desa Jambon, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jokowi menegaskan harapan pemerintah agar etika sopan santun betul-betul diterapkan di dalam kurikulum, baik dalam bentuk koekstrakulikuler atau di dalam kurikulumnya. “Jadi kenapa fullday (school) itu dilakukan karena kita ingin pendidikan etika, pendidikan budi pekerti, sopan santun, karakter kerja keras, karakter optimis itu ada di anak-anak kita kita. Itu penting sekali,” kata Presiden Jokowi.

Program fullday school itu, lanjut Presiden, terutama ditujukan untuk pendidikan dasar di TK, SD, dan SMP. Saat ini teknis pelaksanaan fullday school masih dimatangkan di Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

“Tetapi masih nanti dicoba, tidak semuanya. Masih dicoba di satu, dua, tiga, dan empat provinsi terlebih dahulu, terutama yang berada di kota dan sekolah yang siap, kita tidak akan memaksakan. Nanti dievaluasi,” tegasnya. [nur]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT