Ini Aplikasi Android yang Membahayakan Perangkat Anda

Ini Aplikasi Android yang Membahayakan Perangkat Anda

Metroterkini.com - Ada jutaan aplikasi dan game Android yang dapat Anda temukan di toko aplikasi Google Play Store, baik resmi maupun tidak resmi.

Jika tidak cermat, aplikasi yang Anda unduh bisa saja memiliki virus berbahaya bagi ponsel Anda. Tingginya penggunaan smartphone menjadi peluang besar bagi peretas (hacker) untuk menyebarkan virus lewat aplikasi gratis.

Adapun ciri-ciri untuk mengetahui aplikasi berbahaya atau tidak di Android, simak ulasannya berikut ini:

1. Tidak Ada di Play Store

Pertama, menurut How to Geek, aplikasi berbahaya tidak tersedia di Play Store, tetapi hanya di situs-situs berbagi aplikasi atau blog. Memasang (install) aplikasi berformat .apk terkadang berisiko mengandung virus. 

2. Aplikasi Tak Jelas

Sebelum memasang aplikasi, sebaiknya periksa dahulu sumber aplikasi tersebut. Misalnya, siapa pengembang aplikasinya (developer). Jika tidak jelas atau tidak diketahui sumbernya dari mana, kemungkinan besar aplikasi tersebut kurang kredibel.

3. Lihat Jumlah Unduhan dan Komentar

Apabila aplikasi yang Anda ingin unduh ada di Play Store, coba perhatikan jumlah unduhan dan komentar yang ditinggalkan pengguna. Ini menjadi salah satu tolok ukur seberapa berkualitas aplikasi yang akan kita pakai. 

Biasanya aplikasi yang berkualitas sudah dipakai oleh sekurang-kurangnya 1 juta pengguna dan telah mendapatkan rating 4 ke atas. Selain itu lihat pula beberapa testimoni atau komentar dari para pengguna aplikasi tersebut.

4. Reputasi 

Ciri berikutnya, aplikasi yang berbahaya memiliki reputasi yang mencurigakan baik di Google Play Store atau di komunitas Android lainnya. Cermati apabila jumlah pengunduh dan rating aplikasi rendah. Bisa jadi aplikasi tersebut berbahaya.

5. Deskripsi Ngawur

Aplikasi yang berbahaya bisa juga dikenali dari deskripisi yang tidak jelas yang di-post di Play Store. Jika memang demikian, bisa dicurigai bahwa aplikasi tersebut berbahaya bagi perangkat Anda. 

sumber: liputan6

Berita Lainnya

Index