Sidang Gugatan Sulaiman Zakaria Digelar Besok

Kamis, 15 September 2016 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Sidang Perkara Nomor 33 Tahun 2016 dengan penggugat DR. H Sulaiman Zakaria (calon bupati Bengkalis) dengan tergugat KPU Provinsi Riau, besok digelar di Pengadilan Tata Usaha Negara, Pekanbaru.

Hal ini dikatakan staf PTUN Pekanbaru kepada media ini, Kamis (15/9/2016). "Besok (Jum'at) digelar, pak," kata staf PTUN kepada metroterkini.com.

Namun, staf yang meminta namanya tak disebutkan itu mengatakan, Ketua Majelis Hakim yang akan memimpin sidang adalah Tirta Irawan, SH, MH dengan hakim anggota Firldy, SH, dan Fitri Wahyuningtyas, SH dengan Panitera Pengganti Awaludin, AMD.

Sementara itu, Solihin dari Gerakan Masyarakat Demi Transparansi mengatakan, dalam perkara ini tergugat I KPU Provinsi Riau, tergugat II DKPP dan tergugat III KPU Kabupaten Bengkalis. 

Salah satu meteri gugutan mantan Sekda Bengkalis ini adalah, KPU Kabupaten Bengkalis diduga tidak melakukan penelitian terhadap dokumen persyaratan pencalonan dan syarat Calon Bupati dan Wakil Bupati dengan benar, sehingga terdapat salah satu dari pasangan calon Bupati dan wakil Buapti terindikasi menggunakan Ijazah yang diragukan ke absahan dan Keasliannya,  serta  tidak juga dilakukan klarifikasi oleh KPU Bengkalis ke instansi yang berwenang dimana tempat ijazah tersebut dikeluarkan.

Kemudian hak-hak masyarakat untuk mengetahui dokumen persyaratan dan syarat calon yang digunakan oleh masing-masing pasangan calon tidak diumumkan  kepada Masyarakat guna untuk dapat masukan dan tanggapan dari masyarakat terhadap dokumen yang digunakan oleh pasangan calon sebagaimana ketentuan Pasal 93 ayat (1) dan ayat (2) PKPU No 9 Tahun 2015.

Selein itu ditemukan juga Berita Acara diduga rekayasa KPU Kabupaten Bengkalis 2015 untuk menyelamatkan salah satu pasangan calon tertentu yang merupakan keluarga dekat dari beberapa oknum Komisioner KPU Kabupaten Bengkalis.

Secara terpisah Suliman Zakaria mengungkapkan, bahwa demi untuk kepastian hukum dan memperjuangkan haknya, ia akan berjuang sekuat tenaga dan kemampunya untuk membuktikan secarara hukum terhadap apa yang telah terjadi. [**rdi]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT