Ini Kasiat Tersembunyi dari Buah Labu Kuning

Jumat, 09 September 2016 - 00:00:09 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Labu kuning biasanya dikenal sebagai makanan sampingan dan tidak banyak yang tahu khasiat yang terkandung dalam buah yang bisa disimpang lama tanpa masuk dalam kulkas. Ada yang mengunakan untuk mengatasi masalah luka bakar , pembengkakan, melepuh, abses-bisul bernanah, bisul, migren, dan neuralgia atau nyeri akibat masalah saraf. 

Selain itu, labu kuning juga digunakan sebagai obat di Thailand dan Cina. Biji buahnya digunakan sebagai obat cacingan, merawat infeksi kulit, serta mengobati pembengkakan. Dalam Tumbuhan Berguna Indonesia, K Heyne menyebutkan biji labu kuning adalah obat cacing pita yang terkenal kemanjurannya. 

Di tanah air, herbalis menggunakan labu-labuan seperti kabocha dan labu kuning bersifat diuretik sehingga mampu meluruhkan endapan lemak yang menempel di pembuluh darah, melancarkan aliran darah, dan memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh.

Penelitian menyebutkan kandungan labu dapat melindungi perkembangan lemak liver dan meningkatkan aktivitas ß-oxidation hepatik. Hasil analisis darah menunjukkan level trigliserida dan kolesterol secara signifikan menurun secara pemberian PG105, level peptin juga menurun, sementara adiponektin meningkat. PG105 memiliki potensi sebagai agen antiobesitas pada penghambatan sintesis lemak dan akselerasi pemecahan asam lemak diinduksi reagen.

Bagi yang sedang diet ketat, cobalah konsumsi labu kerena sangat terasa manfaatnya kerena kandungan serat pada buah labu tidak diragukan lagi.

Ekstrak larut air batang labu kuning mempunyai efek antipembentukan lemak. Ekstrak yang diberi nama kode PG105 itu dapat menghambat diferensiasi kultur sel adiposit 3T3-L1 yang digunakan dalam penelitian. Untuk mengisolasi senyawa aktif dalam ekstrak batang labu kuning, dilakukan fraksinasi pelarut konvensional. 

Penurun kolesterol, penelitian Ika Lusia Agustin dari Departemen Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuktikan potensi ekstrak labu kuning sebagai penurun kolesterol. Penelitian tersebut menguji sebanyak 27 tikus putih yang sebelumnya diberi diet tinggi lemak lalu diberi ekstrak labu kuning. Hasilnya, ekstrak labu kuning mampu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, LDL, dan meningkatkan kadar HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik dalam darah mencit secara signifikan pada dosis 130 g labu atau 40 ml ekstrak.

Resep Penurun Kolesterol
Cara membuat

Kukus 1 kg daging buah labu kuning matang, tanpa kulit dan tanpa biji secara 1 liter air. Kukus selama 30 menit hingga daging buah lunak. Pengukusan menghasilkan sekitar 3 gelas air bekas kukusan. Minum air bekas kukusan yang sudah dingin pada pagi, siang, dan sore hari secara rutin sampai gejala berkurang. [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT