Ribuan Warga Arak Seni Gajah-Gajahan Onggo Joyo

Selasa, 30 Agustus 2016 - 00:00:15 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke 71 terus dirayakan oleh masyarakat di berbagai daerah. Salah satunya tradisi mengarak keliling kampung seni gajah-gajahan di Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jatim.

Sejak tengah hari, warga dari Desa Bancar dan masyarakat dari berbagai Desa lainnya yang ada di Kecamatan Bungkal dan sekitarnya mengarak kesenian gajah-gajahan. "Kami rutin tiap tahun merayakan HUT Kemerdekaan RI dengan menggelar seni gajah-gajahan keliling Desa Bancar," ungkap Jemirin selaku Panitia sekaligus Pimpinan Seni Gajah-Gajahan 'Onggo Joyo' Dukuh Nglodo, Desa Bancar, Selasa (30/8).

Menurut Jemirin, arak-arakan seni Gajah-Gajahan di Desa Bancar adalah sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat atas Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang telah diperjuangkan para pendahulu dan pahlwan Bangsa Indonesia. "Sebagai generasi muda, kita wajib mengisi kemerdekaan dan salah satunya melalui pagelaran seni gajah-gajahan Onggo Joyo hari ini," paparnya.

Kegiatan tersebut disamping untuk mengisi peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 juga sebagai ungkapan rasa syukur dan bersih lingkungan Dukuh Nglodo. "Dan yang pasti ini sebagai upaya melestarikan seni tradisional," tambahnya.

Lebih lanjut, Kamituwo (Perangkat Desa) Dukuh Nglodo ini menjelaskan jika kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh Pemerintah Desa Bancar. "Matur suwun atas partisipasi warga Dukuh Nglodo dan support Pemerintah Desa Bancar," terangnya. [nur]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT