Bengkalis Miliki 9 Titik Api Ditambah Asap Kiriman dari Rohil

Ahad, 28 Agustus 2016 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Saat ini udara di Kabupaten Bengkalis tengah 'diasapi' oleh kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di Kabupaten Rokan Hilir.

Tentang asap yang saat ini menyelimuti udara Bengkalis berasal dari Rokan Hilir dikatakan Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono kepada wartawan, Sabtu (27/8/16) sore.

"Berdasarkan data BMKG angin bertiup dari Rohil. Jadi asap yang saat ini menyelimuti Bengkalis dibawa angin dari Rohil," kata Hadi Wicaksono.

Kendati asap berasal dari Rohil, bukan berarti Kabupaten Bengkalis tidak titik api.

Menurut Hadi, saat ini diwilayah hukumnya terdapat 9 titik api, masing-masing 7 di Kecamatan Mandau dan 2 di Kecamatan Pinggir.

Untuk memadamkan titik api tersebut, Polres Bengkalis menurunkan sebanyak 2/3 kekuatan yang. Selain itu, juga ada personel dari Brimoda Riau, TNI, Satpol PP, Masyarakat Peduli Api (MPA), Menggal Agni dan bantuan dari perusahaan.

"Yang di Pinggi (Tiitk api) sudah dalam masa pendinginan, tapi masih ada asapnya. Sedangkan yang di Mandau masih dalam pemadaman," ujar mantan Kapolres Indragiri Hilir ini.

Sementara itu, pantauan dilapangan seminggu terakhir kondisi udara di Kabupaten Bengkalis sudah masuk katagori kurang sehat. Namun, pemerintah Kabupaten Bengkalis belum meliburkan sekolah.

Aktivitas belajar mengajar di sekolah-sekolah di Kabupaten Bengkalis masih berjalan normal. Untuk mengantisipasi penyakit yang ditimbulkan asap, orang tua murid melengkapi anak-anaknya dengan masker. Kendati demikian, sebagian besar pelajar tidak mau mengenakan masker. [rdi]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT