Cara Tepat Mencuci Batik Agar Tetap Cerah

Jumat, 26 Agustus 2016 - 00:00:22 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Batik adalah warisan nusantara yang patut dilestarikan. Bahkan keindahan kain tradisional ini juga telah mendapat pengakuan dari dunia.

Motif batik yang beragam di masing-masing daerah di Indonesia menjadikan batik tampak menawan. Namun bagaimana cara menjaga pakaian berbahan kain batik agar tampak selalu cerah menawan dan tahan lama tidak pudar tentunya.

Hal pertama yang harus diperhatikan menurut pengusaha batik Oemah Batik Cirebon, Siska adalah meperhatikan proses pencuciannya.

"Perawatannya beda dengan kain jenis lain sehingga sebaiknya tidak dicampur saat mencucinya," ujar Siska ketika ditemui di pameran Wasiat Agung Negeri Nusantara (Warisan) 2016, Jumat (26/8/2016) di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC).

Tak hanya proses pencucian yang harus dipisah, Siska mengatakan kain batik sebaiknya tidak dicuci menngunakan deterjen.

"Lebih bagus lagi pakai lerak yang memang dijual di toko-toko batik. Kalau tidak ada pakai merek deterjen khusus batik, karena memang diperuntukkan mencuci kain batik," imbuhnya.

Selain itu, kain batik, menurut Siska, juga tak boleh dicuci menggunakan mesin. Kain direndam dalam lerak atau deterjen khusus batik, lalu dikucek dengan lembut.

Setelah dicuci, ia menambahkan, batik dapat dikeringkan dengan cara diangin-anginkan dan hindari menjemur di bawah paparan matahari secara langsung.

"Hal ini untuk menghindari pudarnya warna kain batik. Lalu kalau setrika juga jangan yang terlalu panas," tambahnya. [**src]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT