Plt Bupati Rohul Himbau Warga Tidak Buka Lahan Dengan Membakar

Jumat, 19 Agustus 2016 - 00:00:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com – Sejumlah warga di Rokan Hulu bingung tata cara membuka lahan perkebunan dan pertanian. Selain minimnya sosialisasi, membuat warga yang membuka lahan pertanian dan perkebunan, menjadikan mereka tetap lakukan pembakaran lahan. Tetapi, saat membakar lahan, mereka sering didatangi aparat penegak hukum. Hal ini tentunya membuat warga bingung bagaimana cara membersihkan dan embuka lahan yang digunakan untuk pertanian dan perkebunan.

Hal itu disampaikan warga Rohul, saat digelarnya Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) serta Anti Radikalisme dan Sindikat Narkoba di Convention Hall Masjid Agung Nasional Islamic Center Pasir Pengaraian, Kamis (18/8/16).

Sosialisasi dihadiri oleh Plt Bupati Rohul, H Sukiman, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul, Aceng Herdiana, seluruh Danramil, Kapolsek, Camat, Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Tokoh Masyarakat, dari 16 Kecamatan, menghadirkan Direktur Bimas Polda Riau Kombes Pol R. Bagus Hariyono. YS.

Menyikapi keluhan warga, Kapolres Rohul Yusup Rahmanto mengakui, bahwa Rohul masuk salah satu daerah rawan Karlahut di Provinsi Riau, terutama di daerah yang punya karakteristik lahan gambut seperti di Kecamatan Bonai Darussalam dan Kecamatan Kepenuhan.

Terangnya, aparat hukum tergabung di Tim Satgas Karlahut Rohul datang untuk memantau titik api bukan karena dipantau orang, tapi dipantau satelit.

"Karena ada laporan dari atasan, maka otomatis kita turun ke titik api," terang AKBP Yusup.

Plt Bupati Rohul H. Sukiman juga mengatakan, membuka lahan tidak harus dibakar. Menurutnya, setelah semak dibersihkan, sampah bisa ditanam atau ditimbun.

Menyikapi pernyataan Kepala Pelaksana Harian BPBD Rohul Aceng Herdiana terkait minimnya mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) di BBPD Rohul, Sukiman, mengatakan Pemkab akan coba mengajukan untuk pengadaannya. Juga masih pada kesematan yang sama, Sukiman meminta warga Rohul tidak lagi membakar lahan saat membuka lahan pertanian.

Kombes Pol Bagus Hendro, mengatakan sosialisasi untuk pencegahan dimulai tingkat RT dan tingkat RW, demikian juga pencegahan Karlahut. Diakuinya, saat ini Kapolda Riau dan Danrem 013/ Wira Bima tengah berjibaku ikut memadamkan titik api di wilayah Dumai.

"Jangan membakar (lahan), intinya tidak membakar, karena masih ada jalan lainnya. Saya setuju apa yang dikatakan Pak Bupati Sukiman," paparnya. [Adv/Humas]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT