PKRI Laporkan Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa

Selasa, 16 Agustus 2016 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Ketua DPAC Kampar LSM Satuan Khusus Bela Negara  Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) Abdul Rahman, Selasa (16/08/16) mengantarkan laporan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkinang  yang di terima oleh Sekretaris Kejari Bangkinang, Rosniati yang diwakili oleh Lili, terkait penyalahgunaan wewenang dalam proses dan mekanisme pencairan Dana Desa Bukit Ranah Tahap Pertama Tahun 2016.

Sementara itu, disampaikan staf Kejari Bangkinang, Lili pada tanggal 16 Agustus 2016 pihaknya telah menerima laporan dari LSM Satuan Khusus Bela Negara Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) mengatakan, akan secepatnya menyerahkan berkas tersebut ke Kepala Kejari Bangkinang.

Saat dikonfirmasi, Abdul Rahman selaku ketua LSM Satuan Khusus Bela Negara  Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) menyampaikan bahwa, Desa Bukit Ranah Kecamatan Kampar melakukan pencairan Dana Desa tahap pertama sebanyak  Rp 370.000.000,00 (tiga ratus tujuh puluh juta rupiah) pada tanggal 27 Juli 2016, dan tanggal 29 Juni 2016 uang tersebut diambil oleh Heri Efendi (Iben) selaku Kepala Dusun (Kadus) IV Ranah Makmur,  sebanyak Rp.260.000.000,00 dengan memakai kwitansi yang bunyinya untuk biaya pembangunan fisik Dana DD Tahun 2016.

Ditambahkan Rahman, selanjutnya pada tanggal 16 Juli 2016, uang tersebut diambil oleh Zulhendri  sebanyak Rp.10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) dengan memakai kwitansi yang bunyi dalam kwitansi tersebut untuk panjar upah tukang kegiatan semenisasi dan drainase desa Bukit Ranah. Padahal didalam SK pengangkatan pelaksanaan kegiatan DD Desa Bukit Ranah tahun 2016 yang dikeluarkan oleh Pjs. Desa Bukit Ranah, Drs. Iskandar, M.Si yang ditetapkan Ketua Tim TPK Yusrin Syarif, Sekretaris Tim Khairil Anwar serta anggota Tim Darni Suprianti.

Diharapkan Rahman, dengan dilaporankan atas kejanggalan proses dan mekanisme uang pencairan DD Desa Bukit Ranah tersebut hendaknya pihak penegak hukun khususnya Kejari Bangkinag bisa secepatnya untuk menindaklanjuti dan memproses hal itu yang telah diberikan oleh LSM Satuan Khusus Bela Negara Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI). [**ali/edy]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT