Rio Haryanto Kembali Dapat Tawaran Manor untuk Musim 2017

Ahad, 14 Agustus 2016 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

Loading...

Metroterkini.com - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, kembali berpeluang besar kembali ke arena Formula 1 (F1) pada musim 2017 mendatang. Tim yang baru saja memutus kontrak Rio, Manor Racing, diam-diam sudah menawarkan kursi kepada pebalap asal Solo tersebut untuk musim depan.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, mengatakan selain menawarkan posisi sebagai pebalap cadangan untuk paruh kedua musim ini, Manor juga sudah membicarakan posisi pebalap tahun 2017. Tim yang bermarkas di Inggris itu tertarik kembali memakai jasa Rio. Namun, ada syarat yang harus kembali dipenuhi Rio supaya bisa kembali ke kokpit Manor.

"Manor sudah menawari Rio kembali jadi pebalap utama untuk musim 2017, bahkan 2018. Namun, kami tetap harus menyediakan dana seperti pada musim ini," kata Indah, saat ditemui di sela-sela acara konferensi pers bersama Pertamina di Bumi Serpong Damai, Tangerang, Sabtu (13/8/2016).

Indah tidak menyebutkan secara terperinci jumlah dana yang diminta Manor supaya Rio bisa kembali jadi pebalap utama pada musim depan. Namun, jika berkaca pada musim ini, nominalnya kemungkinan berkisar sebesar 15 juta euro (Rp 219 miliar).

Ibunda Rio belum membuat keputusan apakah menerima tawaran Manor atau mencari tim lain pada untuk musim depan. Tapi, Pertamina selaku sponsor utama meminta Rio mencari tim yang lebih baik dibanding Manor. 

"Kami akan segera melakukan persiapan untuk musim depan. Langkah pertamanya tentu mencari tim, nanti yang mengurusi Piers (Hunnisett, manajer Rio)," beber istri Sinyo Haryanto tersebut. 

Seperti diketahui, Manor Racing telah resmi memutus kontrak Rio sebagai pebalap utama pada Rabu (10/8/2016). Rio dicopot dari kursi pebalap utama karena gagal menyetor dana senilai 7 juta euro untuk menjamin posisinya sampai akhir musim 2016.

Sebelumnya, manajemen Rio baru menyetor senilai 8 juta euro yang berasal dari kocek pribadi dan sponsor dari Pertamina. Uang tersebut hanya bisa menggaransi posisi Rio hingga seri ke-11 di GP Hungaria. Manor kemudian memberi kelonggaran kepada Rio hingga seri ke-12, yaitu GP Jerman. Namun, setelah itu Rio akhirnya harus undur diri dari F1 karena kontraknya tak diperpanjang.

Pria yang mengidolai Ayrton Senna tersebut kemudian ditawari posisi sebagai pebalap cadangan oleh Manor. Tawaran itu disambut dengan hangat oleh Rio. Dengan demikian, pria berusia 23 tahun tersebut bakal menjalankan peran sebagai pebalap cadangan Manor hingga akhir musim 2016.

"Mungkin alasannya Manor menawarkan posisi itu karena Rio kan sudah membalap di sana selama 6 bulan, jadi tahu perkembangan mobil dan sebagainya. Sedangkan pebalap baru yang datang (Esteban Ocon) belum tahu apa-apa soal mobil Manor. Jadi mungkin Rio bisa memberikan masukan untuk Ocon pada sisa musim ini," kata Indah saat ditanya alasan utama Manor menawarkan status pebalap cadangan kepada putranya. [bola]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT