Kecamatan Tenayan Raya Siap Layani KTP "Tembak" Taripnya Jutaan

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Terungkap pengurusan Kartu Tanda Penduduk Kota Pekanbaru masih bisa dilakukan melalui calo yang tidak lain adalah oknum di kecamatan. Jika Anda ingin mengurusnya siapkan uang setidak Rp 1 juta untuk memperoleh KTP "tembak" tanpa prosedur yang ribet.

"Harga untuk satu dokumen sejuta, seperti KTP, kalau tambah KK (kartu keluarga) diskon jadi bayar Rp1,5 juta," kata Anila, warga Kelurahan Tangerang Timur, Tenayan Raya, Pekanbaru, Sabtu (13/8/16) seperti dilansir dari riaubook.

Menurut Anila, pengurusan KTP dan KK tersebut diserahkan ke seorang oknum pegawai di kecamatan yang meminta biaya awal pengurusan senilai Rp400 ribu.

Sisanya kata dia, akan dibayarkan setelah dokumen kependudukan selesai dikerjakan, kemudian untuk biaya lainnya bisa saja nambah.

"Kata pegawai itu tergantung permintaan pejabat di kejamatan, Pak Camat," katanya.

Namun dalam pengurusan yang disebut 'KTP Tembak' ini, demikian Anila, pengurus nantinya hanya akan menerima jenis KTP Siak atau KTP model lama.

"Bukan KTP elektronik, karena kalau mengurus KTP model baru ini biasanya wajib foto di tempat," katanya.

Pihak Kecamatan Tenayan Raya yang dikonfirmasi berkaitan dengan pungutan fantastis dalam pengurusan KTP belum bersedia memberikan jawaban.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru sebenarnya telah mengratiskan pengurusan adminitrasi kependudukan, antara lain pengurusan akta kelahiran, KK dan KTP .

Dari informasi yang diterima, pengurusan dokumen kependudukan secara gratis ini hanya diperuntukkan untuk masyarakat miskin. [rb/mt]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT