Balon Internet Google Dipastikan Mengudara di Indonesia

Balon Internet Google Dipastikan Mengudara di Indonesia

Metroterkini.com - Proyek Google Loon atau dikenal juga sebagai balon internet Google di Indonesia dipastikan akan terus dilanjutkan. Rencananya, balon tersebut akan terbang di wilayah Indonesia dan menyebarkan koneksi internet ke daerah-daerah terpencil.

Google bekerja sama dengan sejumlah operator telekomunikasi Indonesia untuk menghadirkan Project Loon di Tanah Air. Saat ini, proyek penyebaran internet ini sedang dikaji dari segi keamanan.

"Tadi bahas Loon juga, dan update statusnya dari sisi security bagaimana," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Ruang Serbaguna, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Kamis (11/8/16), seperti dikutip dari Kontan.

Menteri yang akrab disapa Chief RA ini mengatakan Google sudah berkomunikasi dengan Mabes TNI. Terutama terkait pembahasan dari segi keamanan. Selain itu, Google juga harus mengantongi izin dari Kementerian Perhubungan karena mereka menggunakan ruang lintas udara.

"Mereka sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, sebetulnya sebelum pergantian menteri yang baru,"imbuhnya.

Sebagai catatan, Project Loon adalah inisiatif yang diambil Google untuk membangun akses internet murah dan terjangkau di daerah terpencil dan tertinggal. Pengembangannya, akan menggunakan balon udara khusus yang mengudara di lapisan stratosfer.

Balon yang mengudara setinggi 20 km inilah yang nanti akan menciptakan jaringan nirkabel dengan kecepatan serupa 3G. Dalam pengembangannya, Google menggandeng beberapa operator telekomunikasi Tanah Air yang memiliki lisensi pemakaian frekuensi di Indonesia.

Operator itu diantaranya adalah Telkomsel, XL, dan Indosat Ooredoo. "Untuk pembagian wilayahnya, mereka (operator) sendiri yang menentukan, dan kita harap tahun ini proyek selesai," pungkas Rudiantara. [kompas]

Berita Lainnya

Index