Negara Iran Pertama di Dunia yang Larang Pokemon Go

Senin, 08 Agustus 2016 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pokemon Go telah memikat dunia, tetapi nampaknya permainan mobile itu tak lagi bisa dimainkan secara bebas oleh warga Iran karena ada larangan terkait isu keamanan.

Iran saat ini jadi negara pertama yang mengeluarkan larangan untuk Pokemon Go, menurut laporan BBC. 

High Council of Virtual Spaces, lembaga yang mengawasi aktivitas online negara setempat, telah menetapkan Pokemon Go bermasalah untuk keamanan nasional dan resmi melarang permainan itu.

Sejauh ini tidak dijelaskan secara rinci alasan keamanan nasional yang dimaksud oleh otoritas Iran.

Laporan bulan lalu mengatakan pemerintah Iran sedang menunggu sejauh mana kreator permainan ini, seperti Niantic dan The Pokemon Company, akan bekerjasama dengan pemerintah sebelum membuat keputusan pelarangan Pokemon Go.

Permainan Pokemon Go mengajak para pengguna untuk berburu monster imut di sejumlah lokasi berdasarkan informasi peta digital dan GPS. Dengan informasi itu, game ini menjadikan sejumlah tempat publik sebagai Pokestop (tempat mengumpulkan alat berburu) dan Pokegym (untuk monster bertarung).

Selama ini, tercatat larangan bermain Pokemon Go hanya dikeluarkan oleh sebuah lembaga tertentu dan untuk kalangan tertentu, juga di kawasan tertentu.

Sejumlah laporan mengatakan kalangan tentara nasional dilarang memainkan Pokemon Go di kawasan penting negara seperti pangkalan militer atau fasilitas nuklir. [cnn]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT