Pansus DPRD Bengkalis Ungkap Kesalahan Perencanaan Proyek MY

Jumat, 05 Agustus 2016 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Panitia Khusus (Pansus) proyek Multiyears (My) DPRD Bengkalis menduga ada kesalahan dalam perencanaan lima proyek jalan multiyears (My) di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bengkalis.

Sebab, banyak ditemukan contract change oreder (CCO) dalam proyek jalan MY tersebut. Pansus menilai CCO ini sebagai bentuk kesalahan dari perencanaan yang dibuat sebelum pelaksanaan pekerjaaan dimulai.

Hal itu disampaikan ketua Pansus My DPRD Bengkalis Syahrial Basri ST. Menurutnya, dari hasil rapat Pansus MY dengan Pengguna Anggaran (PA), Pejabat Pelaksana Tekhnis Kegiatan (PPTK) serta konsultan perencana dan konsultan pengawas pada Senin (1/8/2016) lalu, terungkap banyaknya CCO dalam pelaksanaan proyek tersebut.

Pansus menilai kejanggalan terbesar dari lima proyek yang sudah dikerjakan adalah dilakukan CCO oleh Dinas PU Bengkalis. Sehingga kualitas perencanaan yang dibuat menjadi catatan khusus bagi Pansus.

“Ada lima resume yang kita sampaikan terkait kelima proyek My yang dikerjakan Pemkab Bengkalis sepanjang tahun 2012 sampai tahun 2015 lalu. Pihak PA dan PPTK dari Dinas PU Bengkalis mengakui terjadi beberapa kali CCO terhadap kelima proyek tersebut, dan ini patut kita pertanyakan, ”ungkap Syahrial, ketika dikonfirmasi terkait hasil rapat dengan PU pada Rabu (3/8/2016) kemarin.

Ketua Komisi II DPRD Bengkalis ini juga mengungkapkan, berdasarkan keterangan PPTK untuk jalan lingkar Pulau Bengkalis terjadi beberapa kali CCO.

Berdasarkan pengakuan ini, Pansus menyimpulkan ada persoalan diperencanaan proyek jalan MY tersebut.

Untuk Jalan lingkar Pulau Rupat dari Batu Panjang-Pangkalan Nyirih, Pansus menilai PPTK proyek tersebut kurang menguasai apa yang ditemukan pansus di lapangan dan beberapa kali juga dilakukan CCO. [rdi]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT