Inilah Cara Turunkan Kolesterol setelah Lebaran

Ahad, 24 Juli 2016 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Moment Lebaran adalah hal yang ditunggu-tunggu dan pasti nggak jauh-jauh dari makanan yang serba santan dan aneka makanan lainnya yang mengandung lemak. Nggak heran kolesterol pun akan langsung naik! Cara mudah menurunaknnya? Coba cara ini dilansir vemale.

1. Rutin Berjalan Kaki

Penelitian dalam bidang medis menunjukkan bahwa rutin berjalan kaki turut membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Dengan berjalan kaki, kolesterol baik dalam tubuh pun bisa meningkat hingga 10%. Oleh karena itu, banyak dokter yang menyarankan untuk berjalan kaki setidaknya 45 menit, terlebih setelah mengonsumsi deretan makanan ala Lebaran. Ingat, 45 menit! Agar hasilnya optimal, berjalan kakilah secara rutin 5 kali dalam seminggu ya!

2. Lebih Banyak Makan Serat

Bayar rasa bersalahmu karena mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol dengan mengonsumsi makanan berserat. Pilih buah dan sayur-sayuran yang nggak hanya baik untuk kesehatan jantung, namun juga mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Makanan seperti oat dan barley dikatakan berperan selayaknya spons yang menyerap kolesterol dalam tubuh.

3. Makan Ikan

Kandungan asam lemak Omega-3 pada ikan dipercaya mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Nggak heran kalau banyak dokter yang menyarankan untuk mengonsumsi ikan tiga kali dalam seminggu untuk menurunkan kolesterol secara lebih optimal. Namun jika mengonsumsi ikan, tentunya perlu diperhatikan proses masaknya. Kalaupun mau digoreng, pilih minyak goreng yang tepat. Olive oil termasuk minyak goreng yang baik untuk kesehatan jantung karena mampu menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah. [vml]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT