Bupati Berharap Proses Pilkades Berjalan Lancar

Rabu, 20 Juli 2016 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bengkalis Nomor 7 Tahun 2015 tentang pelaksanaan pemilihan kepala desa, pada tahun 2016 ini akan dilaksanakan pesta demokrasi tingkat desa secara serentak.

Terkait hal ini, Bupati Amril Mukminin berpesan agar pesta demokrasi tingkat desa berjalan lancar dan sukses, kepada Kepala Desa (kades) dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), serta seluruh aparatur pemerintahan desa, memahami segala aturan Pemilikan Kepala Desa (Pilkades).

“Kami megingatkan kepada panitia agar aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Bupati ketika memberikan pengarahan sosialisasi peraturan perundang-undangan aparatur pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa se-Kabupaten Bengkalis, di Aula lantai IV kantor Bupati Bengkalis, Senin (18/7/16).

Dan tak kalah penting, lanjut Amril, seluruh stakeholder di desa harus secara bersama-sama menciptakan persatuan dan kekompakan. Karena biasanya jelang pelaksanaan pesta demokrasi, suasana politik di desa semakin panas dan rentan terjadi gesekan.

“Meskipun informasi terakhir yang kami dapat, untuk tahun ini Pilkades tidak dapat diikuti 94 desa, karena ada beberapa desa yang dievaluasi berkaitan dengan wilayah administrasinya. Namun bagi desa yang melaksanakannya tetap harus memperhatikan pesan kami tadi,” ucap Bupati.

Dan kepada seluruh elemen, Bupati juga meminta agar dapat berperan aktif meningkatkan partisipasi masyarakat desa agar beramai-ramai datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat hari pencoblosan.

“Selain itu, aparatur pemerintahan desa juga dituntut untuk memberikan pemahaman kepada bakal calon kepala desa, agar dapat menjunjung tinggi sebuah pesan bijak, yaitu, “kalau mau menghidupkan lampu kita, jangan matikan lampu orang lain.” Ujar Bupati sembari memberikan petuah bijak. [rdi]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT