Jangan Abaikan, Ini Manfaat Tumbuhan Krokot

Senin, 18 Juli 2016 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Tumbuhan krokot atau Portulaca oleracea L ternyata banyak mengandung khasiat yang tidak banyak diketahui, sebab tumbuhan ini biasanya melata di halaman rumah dan sering dibuang begitu saja karena dianggap mengganggu.

Ternyata Krokot atau Portulaca oleracea L. mempunyai banyak faedah untuk kesehatan badan manusia. Janganlah dikira sepele ya, tanaman ini memanglah tumbuh disembarang tempat, bahkan juga disela-sela batu meskipun. 

Kita kira selama ini krokot sebagai tanaman pengganggu beberapa orang yang berupaya memusnahkannya. Krokot di Indonesia dikenal juga sebagai Gelang, di Malaysia dimaksud Gelang pasir, sedang di Inggris dimaksud Little hogweed.

Nutrisi yang dikandung Krokot antara lain karbohidrat, protein, lemak dan air, juga vitamin yaitu Vitamin A, B1,B2,B3,B6,B9,C serta mineral kalsium,besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng. 

Senyawa kimia lain yang dikandung diantaranya asam lemak (asam linoleat, asam oleat,palmitat), yaitu asam lemak essensial yang dibutuhkan oleh tubuh, senyawa yang berkhasiat sebagai antioksidan seperti asam sitrat, asam fenolat, dan flavonoids (kaempferol, apigenin, mirisetin, kuersetin, luteolin).

Khasiat Krokot

Sebagai obat tradisional tanaman Krokot dapat digunakan sebagai obat cacing, penyembuh luka, pendarahan internal, bisul, jerawat,penawar racun gigitan hewan, mengatasi peradangan internal dan infeksi dalam, radang perut dan ginjal, sebagai relaksan, dan pengatur tekanan darah,serta dapat diberikan kepada wanita menyusui untuk meningkatkan jumlah ASI. Berdasarkan penelitian tanaman ini berfungsi sebagai analgesik, antiinflamasi dan neuroprotektif (menjaga kinerja dan fungsi syaraf, mencegah dimensia dan kepikunan), antidiabetes dan antioksidan. Selain itu Krokot dapat melegakan pernafasan pada penderita Asma.

Cara Penggunaan Krokot

1. Radang akut usus buntu
Ambil segengam Krokot cuci bersih lalu tumbuk ,peras airnya sampai terkumpul 30 ml. Tambahkan gula putih secukupnya dan air matang yang sudah dingin sampai menjadi 100 ml kemudian diminum. Lakukan 3 kali sehari.

2. Disentri
550 g Krokot segar diuapkan selama 3-4 menit, lalu tumbuk halus dan diperas airnya sampai terkumpul 150 ml, Minum air perasan sebanyak 50 ml setiap kali minum, 3 kali sehari.

3. Keputihan
200 g Krokot dijus dan diambil airnya, kemudian masukkan putih telur lalu ditim sampai matang, makan selagi hangat.

4. Jantung Berdebar
4 batang tanaman krokot cuci bersih lalu giling halus, tambahkan 1/2 cangkir masak dan 1 sendok makan madu , diperas, saring lalu diminum airnya. Lakukan 2 kali sehari.

5. Kencing Darah
100 g Krokot dan 25 g daun sendok (Plantago mayorL.) direbus lalu saring diminum airnya.

6. Demam
Krokot direbus sebentar, lalu dimakan. Selamat mencoba semoga bermanfaat! [***red]

 

 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT